Hari Santri Nasional 2021, Berikut Ucapannya

Hari Santri Nasional 2021, Berikut Ucapannya (Foto: ilustrasi Santri)
Hari Santri Nasional 2021, Berikut Ucapannya (Foto: ilustrasi Santri)
0 Komentar

Hari Santri Nasional (HSN) jatuh pada tanggal 22 Oktober di setiap tahunnya. Tahun 2021 ini, Hari Santri Nasional jatuh pada hari Jum’at 22 Oktober 2021

Sesuai dengan Keppres No.22/ 2015, Peringatan HSN (Hari santri nasional) ini ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta.,

Sejarah Hari Santri Nasional ialah sewaktu Bpk Joko Widodo kampanye ke Malang, yaitu tepatnya di Pondok Pesantren Babussalam Banjarejo Pagelaran Malang, beliau menandatangani Kontrak Politik dengan Pengasuh PP. Babussalam yaitu KH. THORIQ BIN ZIYAD sapaan AkrabnyaGus Thoriq.

Baca Juga:Daftar Mobil Keluaran Terbaru 2021 yang Akan Mengaspal di IndonesiaFantastis, Potensi Tanaman Hias Dunia Capai 3000 Triliun Rupiah

Sewaktu acara penandatanganan kontrak politik sumpah itu, awal mulanya akan ditetapkan 1 Muharram. Penetapan Hari Santri Nasional tersebut bertujuan agar mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama.

Adapun tanggal 22 Oktober adalah merujuk pada satu peristiwa bersejarah, yaitu seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH. Hasjim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

Seruan tersebut berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang akan menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan.

Pihak sekutu tersebut maksudnya ialah pihak Inggris sebagai pemenang Perang Dunia II yang mengambil alih tanah jajahan Jepang. Di belakang tentara Inggris, ternyata ada pasukan Belanda yang turut membonceng.

Faktor pendukung lainnya yang melatarbelakangi penetapan HSN (Hari Santri Nasional) ialah pengakuan resmi pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI.

Hal itu sekaligus merevisi beberapa catatan sejarah nasional, terutama yang ditulis pada masa Orde Baru, yang hampir tidak pernah menyebut peran ulama dan kaum santri.

Hari Santri Nasional 2021, Berikut Ucapannya

  • Menjadi santri adalah upaya menjadi manusia sejati dan meneladani Nabi Muhammad SAW., Selamat Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021
  • “Hari Santri adalah momentum memperingati perjuangan Santri Melawan Penjajah. Cinta Tanah Air sebagian dari Iman.” Nahdlatul Ulama (NU) @nahdlatululama.
  •  Selamat Hari Santri Nasional 2021. Bersama santri Indonesia bangkit dari krisis Ekonomi akibat pandemi.
  •  Selamat Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021, Santri Sehat, Indonesia Kuat.
  • “Selamat Hari Santri. Semoga terus menjelma pribadi-pribadi yang menjadi matahari umat.” Asma Nadia @asmanadia.
0 Komentar