BRI Perkuat Layanan Global Banking Solution Melalui Jaringan SWIFT MT101

BRI Perkuat Layanan Global Banking Solution Melalui Jaringan SWIFT MT101
0 Komentar

JAKARTA – Salah satu Bank BUMN terbesar tanah air, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus melakukan upgrade dalam lini layanan transaksi perbankan internasional melalui jaringan SWIFT yang dapat dinikmati oleh perusahaan global non-finansial ataupun lembaga non-bank, khususnya yang memiliki jaringan unit usaha di Indonesia, fasilitas tersebut adalah layanan SWIFT MT101. Penyediaan layanan global tersebut memberikan kemudahan kepada para pengusaha global untuk melakukan transaksi internasional berupa pemindahan dana secara cepat dan real time dimana pun di seluruh dunia.

SEVP Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi mengatakan bahwa BRI membuka layanan global service bagi para pelaku usaha yang berada di dalam dan luar negeri untuk melakukan pemindahan dana mereka dari rekening bank manapun ke rekening BRI di Indonesia. Sebagai member The Society of Worldwide Interbank Financial Telecommunication – Global Payment Innovation (SWIFT GPI), BRI dapat memberikan kemudahan akses perusahaan global yang telah menjadi member SWIFT untuk mengelola rekeningnya.

SWIFT merupakan sebuah sistem komunikasi yang disepakati serta digunakan oleh jaringan perbankan dan institusi keuangan di seluruh dunia untuk bertukar informasi. Digunakan lebih dari 11.000 institusi keuangan secara global, SWIFT menyediakan jaringan yang aman serta sistem format pesan yang telah terstandarisasi.

Baca Juga:Sulap Rumput Menjadi Sedotan, Nasabah Binaan BRI Ini Jadi Pahlawan Lingkungan dan MasyarakatMaknai Hari Pahlawan, Wanita Ini Bagikan Keahlian Jahit Untuk Warga Sekitar

“Kini institusi non-finansial serta lembaga non-bank juga dapat menikmati fasilitas pegiriman pesan yang disediakan oleh SWIFT, melalui MT101. Layanan ini marak digunakan oleh perusahaan-perusahaan global yang memiliki perwakilan serta fasilitas perbankan di negara lain. Di Indonesia sendiri, layanan ini cenderung digunakan oleh perusahaan multinasional, PMA, serta Fintech Global, “ tambah Achmad Royadi.

BRI sendiri telah menjadi member dari SWIFT GPI sejak 2018. Sistem ini memberikan kenyamanan untuk nasabah berupa transparansi biaya, payment tracking yang dapat dengan mudah di monitor serta di akses melalui https://brifast.co.id/swift-tracker/, serta konfirmasi atas masuknya dana ke rekening tujuan pengiriman di luar negeri.

Untuk mengaktifkan fasilitas MT101 tersebut, nasabah hanya perlu mendaftarkan RMA (Relationship Manager Application) pada sistem SWIFT miliknya dengan kode BRI yaitu BRINIDJAXXX. Dengan disetujuinya koneksi tersebut oleh BRI, maka nasabah perusahaan sudah bisa melakukan instruksi mutasi rekening dari head office yang berada di luar negeri.

0 Komentar