Mantap! Proyek Ibu Kota Baru RI, UEA Siap Investasi 142 Triliun Rupiah

Proyek Ibu Kota Baru RI, UEA Siap Investasi 142 Triliun Rupiah (Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia. Foto: Dok Instagram)
Proyek Ibu Kota Baru RI, UEA Siap Investasi 142 Triliun Rupiah (Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia. Foto: Dok Instagram)
0 Komentar

Pasundan Ekspres – Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) akan menyiapkan investasi senilai USD10 miliar atau setara dengan Rp.142,8 triliun (kurs Rp.14.280 per dolar AS) untuk proyek pembangunan ibu kota baru di Indonesia.

Menteri Investasi sekaligus Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan, nilai tersebut adalah bagian dari total komitmen investasi UEA ke tanah air mencapai USD44,6 miliar atau Rp636,88 triliun.

“Komitmen investasi UEA pada IKN akan masuk melalui Lembaga Pengelola Investasi (Indonesia Investment Authority/INA),” jelas Bahlil, Kamis (11/11/2021).

Baca Juga:Airlangga Dukung Peningkatan Utilitas Industri OtomotifSalut! Film NUSSA Berhasil Raih Piala Citra FFI 2021

Lebih lanjut lagi, Bahlil menambahkan, INA sendiri akan mengelola komitmen investasi UEA sekitar USD18 miliar atau Rp257,04 triliun dari total Rp636,88 triliun.

Dari USD44,6 miliar, ada USD10 miliar yang akan masuk di INA dari total USD18 miliar,” paparnya.

Walaupun begitu, kata Bahlil, komitmen investasi UEA pada IKN masih tentatif. Pasalnya, belum ada kepastian sektor atau proyek pembangunan mana yang akan dituju beserta dengan alokasi nilainya.

“Pemerintah UEA masih lakukan komunikasi yang intensif dengan Menkomarves (Luhut Binsar Panjaitan) untuk bisa alokasikan investasi mereka lagi untuk IKN, angkanya belum disepakati,” imbuhnya (Fin/Jni)

0 Komentar