Jitu! 7 Cara Mengatasi Sakit Leher Sebelah Kiri dan Kanan ini Patut Dicoba

https://pasundan.jabarekspres.com/2021/11/16/cara-mengatasi-sakit-leher (foto: ilustrasi nyeri leher)
https://pasundan.jabarekspres.com/2021/11/16/cara-mengatasi-sakit-leher (foto: ilustrasi nyeri leher)
0 Komentar

Pasundan Ekspres – Nyeri pada bagian leher adalah hal yang lumrah terjadi, terlebih lagi bagi para pekerja kantoran. Terdapat sejumlah hal yang menjadi penyebab nyeri leher yang tentu saja dapat mengganggu kegiatan.

Penyebab nyeri leher pada umumnya disebabkan oleh:

  • Postur tidur yang kurang baik,
  • Adanya ketegangan serta stres,
  • Duduk bersandar selama berjam-jam,
  • Berbaring di kasur yang terlalu empuk,
  • Postur tubuh yang buruk.
  • Ketegangan otot dan cedera pada leher

Sangat penting untuk mendiagnosis dan mengatasi masalah nyeri leher ini sejak dini untuk mencegah menjadi lebih buruk. Pertolongan pertama, bisa mencoba pengobatan rumahan secara alami untuk membantu meringankan rasa nyeri pada leher seperti penjelasan yang dilansir dari Stylecraze.

1. Olahraga

Olahraga dengan latihan penguatan tergantung pada penambahan beban pada otot secara progresif, dapat membuat lebih kuat dan fleksibel.

Baca Juga:Penetapan Upah Minimum 2022 Tidak Berlaku Untuk UKM? Ini Penjelasan KemnakerPrediksi Google Indonesia: Ekonomi Digital Indonesia Tembus USD146 Miliar pada 2025

Manfaat Olahraga, selain mengurangi kekakuan, juga dapat membantu meredakan nyeri leher dan membuat leher fleksibel serta kuat.

Melakukan serangkaian latihan sederhana bisa membantu untuk meredakan nyeri leher yaitu dengan cara mengangguk kepala Anda ke depan dan ke belakang selama beberapa waktu, dan kemudian secara bertahap mulai mengangguk dari satu sisi ke sisi lain.

Lalu, setelah otot-otot merasa kurang tegang, perlahan-lahan putar kepala sepenuhnya ke arah kiri, kemudian sepenuhnya ke arah kanan. Bisa saja agak sedikit menyakitkan, jadi sebaiknya lakukan dengan perlahan dengan 20 pengulangan. Lakukan latihan ini setiap beberapa jam, dan coba rasakan apakan kekakuan mereda?

2. Yoga

Stres adalah salah satu pemicu yang dapat menyebabkan ketegangan otot.

Untuk itu, menjalankan teknik relaksasi tradisional, seperti yoga, dapat membantu tubuh menjadi santai dan meredakan ketegangan di sekitar leher dan bahu.

3. Minyak Atsiri

Minyak peppermint yang satu ini mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan otot yang sakit.

Minyak lavender sering digunakan sebagai aromaterapi untuk menenangkan pikiran. Hal ini juga dapat menenangkan otot-otot tubuh. Menghilangkan stres dan kecemasan juga dapat membantu meredakan ketegangan fisik.

0 Komentar