Pendistribusian Tempat Sampah Jaga Kebersihan Lingkungan

Pendistribusian Tempat Sampah Jaga Kebersihan Lingkungan
MALDI/PASUNDAN EKSPRES DISTRIBUSI: Satgas Citarum Harum distribusikan puluhan tempat sampah yang diperuntukan bagi tempat-tempat publik di wilayah tersebut.
0 Komentar

PURWAKARTA-Program strategis nasional Citarum Harum akan terus berjalan hingga tahun 2023 mendatang. Untuk mendukung hal itu, sejumlah kegiatan terus menerus dilakukan oleh stakeholder terkait. Termasuk melibatkan sejumlah perusahaan yang ada di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) tersebut.

Salah satunya, seperti yang dilakukan di wilayah Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, belum lama ini. Untuk mendukung tetap terjaganya kebersihan lingkungan, jajaran Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 14/Jatiluhur bersama PT Indorama dan PT Win Textile mendistribusikan puluhan tempat sampah yang diperuntukan bagi tempat-tempat publik di wilayah tersebut.

Secara simbolis, Dansektor 14 Citarum Harum, Kolonel Inf Abdullah menyerahkan bantuan tempat sampah kepada masyarakat Kecamatan Jatiluhur yang diwakili Kepala Desa Jatiluhur, DKM Masjid Al Falah dan sejumlah warga pemilik rumah makan yang berada di sekitar Waduk Jatiluhur. Kegiatan tersebut dilakukan di Posko Satgas Citarum Harum Sektor 14, Jalan Ir H Djuanda, Purwakarta, Rabu 1 Desember 2021 lalu. “Kegiatan ini dalam rangka mendukung program Citarum Harum, salah satu diantaranya yang terpenting adalah kita harus bisa tetap menjaga kebersihan lingkungan,” kata Kolonel Abdulallah kepada awak media.

Baca Juga:Bupati Minta Utamakan Keamanan dan Kenyaman dalam PilkadesDesa Karanganyar Dilirik Perusahaan Pergudangan

Menurutnya, membersihkan lingkungan tidak cukup hanya dengan menyampaikan pesan begitu saja, tetapi harus ada sarana prasarana yang memadahi. “Alhamdulillah, Satgas Citarum Harum Sektor 14 bisa memberikan bantuan beberapa sarana kebersihan seperti tempat sampah untuk fasilitas umum,” ujar Dansektor 14.

Kata Kolonel Abdullah, sarana kebersihan tersebut langsung distribusikan untuk tempat-tempat ibadah seperti Masjid, Musola dan Gereja serta tempat umum yang berpotensi menjadi tempat pembuangan sampah rumah tangga. “Kami juga akan mendistribusikan kepada pemilik rumah makan yang berada di sekitar Waduk Jatiluhur dengan pengawasan yang akan dibantu oleh Kepala Desa setempat agar tetap terjaga dan terawat,” ujarnya.

Kolonel Abdullah juga berpesan agar masyarakat tetap disiplin membuang sampah pada tempatnya. Sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan sehat terutama bagi masyarakat yang berada sekitar bantaran Sungai Citarum. “Karena menjaga kebersihan itu juga sebagian dari iman,” katanya.(mas/sep)

0 Komentar