UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021: Mengusung UMKM Indonesia Tembus Pasar Global

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021: Mengusung UMKM Indonesia Tembus Pasar Global
0 Komentar

JAKARTA – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus menjadi perhatian utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai bank terbesar di Indonesia. Jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) BRI ke-126, BRI pun mewujudkan dukungan tersebut melalui penyelenggaraan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021.

Rangkaian acara yang berlangsung pada 9-16 Desember 2021 ini mengusung tema “Dari Indonesia untuk Dunia”. Adapun peserta yang berpartisipasi mencapai 500 UMKM yang telah terpilih melalui serangkaian proses kurasi.

Potensi ekonomi dari UMKM yang begitu besar telah memberikan peluang untuk menembus pasar internasional. Selain itu, sebagai industri yang menjadi salah satu penyokong penting ekonomi Indonesia, UMKM juga mampu menyerap tenaga kerja yang besar.

Baca Juga:Tingkatkan SDM Pengelolaan Koperasi DKUPP Kabupaten PurwakartaOrmas dan Yayasan di Purwakarta Dapat Kucuran Hibah Rp 9,2 Miliar

Dalam opening ceremony yang dilakukan secara virtual pada Kamis (09/12), hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN RI Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Komisaris Utama BRI Kartika Wirjoatmodjo, dan Direktur Utama BRI Sunarso.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, BRI terus mempersiapkan journey nasabah UMKM untuk naik kelas. Salah satu strategi yang dilakukan adalah mendorong nasabah UMKM menembus pasar ekspor melalui event UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021.

“BRI sebagai bank yang fokus kepada bisnis UMKM, secara konsisten melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan UMKM. Semoga event ini dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif pada kemajuan dan pengembangan kapasitas UMKM Indonesia. Pada akhirnya, hal ini akan berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional,” katanya.

Senada, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya secara virtual juga mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan event ini. Dengan membeli dan menggunakan produk UMKM indonesia, menjadi bukti atas kecintaan terhadap produk indonesia.

“Setelah gencar digitalisasi UMKM, saatnya pelaku usaha meningkatkan ke pasar internasional. UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 menjadi peluang emas untuk menangkap peluang tersebut. Selamat dan sukses untuk BRI sebagai bank yang terus memainkan peran terbaik dalam membesarkan UMKM Indonesia,” ungkap Luhut.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN RI Erick Thohir juga mendorong masyarakat untuk terus bangga memakai produk asal Indonesia. UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 sendiri dinilai penting sebagai momentum UMKM untuk survive dan menjawab tantangan dalam pemulihan ekonomi.

0 Komentar