Tahun Olahraga

Tahun Olahraga
0 Komentar

Berapa pendapatan penginapan jika 79.000 orang itu menginap? Sangat besar! Ada uang terparkir di hotel dan penginapan sekitar Rp 97 miliar! Tepatnya Rp 97.020.000.000. Berapa pendapatan untuk daerah? Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) sudah bisa menghitung.

Perhelatan Porprov juga berpotensi menyerap 1.900 tenaga kerja dengan estimasi upah Rp3,3 miliar. Lalu potensi pendapatan UMKM Rp27 miliar, estimasi penjualan konsumsi Rp 83 miliar dan estimasi biaya swab Rp586 juta. Diprediksi, uang yang akan masuk Subang selama porprov Rp 211 miliar. Tepatnya Rp211.671.150.000.

Itu prediksi uang masuk dalam kondisi normal. Jika ada sentuhan kreasi lainnya bisa lebih besar. Misal ada layanan paket wisata. Disediakan tenant wisata. Paket kunjungan museum dan lainnya. Syaratnya: harus kreatif dan jeli menangkap peluang ini!

Baca Juga:Pemberlakuan PPKM dan Update Vaksinasi, Ini Kata Menko Perekonomian39.000 Anak Sudah Divaksin Covid-19

Berkah Porpov ini bisa membuat pengusaha hotel dan restoran tersenyum. Senang hati menyetorkan pajak untuk daerah. Kita harus bersyukur atas berkah ini. Berterimakasih kepada yang memperjuangkan Subang menjadi tuan rumah Porprov Jabar.

Apalagi kelas event Formula E di Jakarta dan event di Sirkuit Mandalika. Jakpro selaku penyelenggara event Formula E memprediksi akan ada dampak ekonomi Rp 536 miliar dan pendapatan untuk perusahaan BUMD Jakpro Rp 48 miliar.

Kabupaten Lombok Tengah, NTB sudah merasakan dampak keberadaan Sirkuit Mandalika. Pendapatan dari sektor wisata melonjak tajam. Dari biasanya hanya Rp35 miliar pada 2-3 tahun sebelumnya, kini diprediksi meroket hingga Rp200 miliar.

Mohon maaf terlalu runyam mata pembaca dengan angka. Tapi itulah. Kadang banyak orang yang ingin data, ingin angka. Tapi setelah disodorkan data dan angka tidak bisa membacanya. Belum tentu bisa memahami apa makna di balik angka. Misal: apakah setiap orang bisa neraca keuangan? Belum tentu.

Tahun ini, tahun olahraga. Tahun berwisata. Mari diskusi dan kita bedah bagaimana kita dapat cuan dari peluang perhelatan olahraga. Badan sehat, isi rekening kuat. Salam olahraga!(*)

0 Komentar