Tak Diperbaiki, Jalan Pangheotan-Cipada Rusak Berat

RUSAK BERAT: Jalan Pangheotan-Cipada Kecamatan Cikalongwetan Bandung Barat rusak berat akibat tidak diperbaiki sejak 30 tahun yang lalu.. IST
RUSAK BERAT: Jalan Pangheotan-Cipada Kecamatan Cikalongwetan Bandung Barat rusak berat akibat tidak diperbaiki sejak 30 tahun yang lalu.. IST
0 Komentar

BANDUNG BARATWarga Cipada Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) berharap ada perbaikan Jalan Pangheotan-Jalan Cipada. Pasalnya, Jalan sepanjang kurang lebih 7,6 km dengan lebar 3,5 meter tersebut, sudah lama dibiarkan rusak berat.

Ketua BPD Ganjarsari Imas Fatimah (42) mengungkapkan, warga berharap jalan itu segera diperbaiki karena merupakan satu-satunya akses menuju perkotaan atau akses penghubung antara Kecamatan Cikalongwetan dengan Kecamatan Cisarua.

“Terakhir jalan diperbaiki saat KBB masih bergabung dengan Kabupaten Bandung. Artinya sudah Kurang lebih 30 tahun tidak diperbaiki. Pokoknya sejak KBB berdiri, tidak ada perbaikan. Padahal setiap kampanye calon bupati, kita berkomitmen siap mendukungnya, asal jalan itu diperbaiki,” ujarnya, Selasa (11/1).

Baca Juga:Akhir Kasus Gugatan Rp1 Miliar Untuk Tujuh Buruh di Subang, Begini EndingnyaJ&T Express Buka Jaringan di Timur Tengah

Janji tinggal janji, kenyataannya hingga kini jalan tersebut tetap saja dibiarkan rusak. Malahan ada isu, jalan itu tidak bisa dibangun karena terkendala dengan status lahan yang merupakan milik perkebunan.

Sementara status jalan tersebut, jalan milik kabupaten. Apabila persoalannya lahan kepemilikan, tinggal dilakukan kerja sama saja antara Pemkab Bandung Barat dengan PT Perkebunan.

“Kalau yang jadi persoalan ijin dari perkebunan, kita sekarang sudah ada ijinnya kok,” ungkap Imas.

Pihaknya sudah lama memperjuangkan agar jalan tersebut, segera mendapat perbaikan. Termasuk menyampaikan hal tersebut pada Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan.

Direncanakan, pihaknya akan audensi langsung dengan Plt Bupati dengan harapan keinginan warga dapat terwujud. Imas sudah mendapat informasi, jika pihaknya akan diterima oleh Plt Bupati pekan depan.

“Kita berharap, bisa dilaksanakan sesegera mungkin. Jangan sampai, makin parah kondisinya,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, apabila jalan Pangheotan-Cipada diperbaiki, efek dominonya bakal dinikmati masyarakat sekitar.

Baca Juga:Ramai Dukungan Ridwan Kamil Calon Presiden 2024 di Berbagai Daerah di Jawa BaratPemkab Karawang Bakal Menertibkan Bangunan Liar di Sepanjang Jalan Interchange Karawang Barat

Imas meyakini, perekonomian warga setempat bakal meningkat karena akses jalan tidak lagi jadi hambatan.

“Apalagi di sekitar daerah sini, sekarang banyak tempat wisata. Jadi kalau aksesbelitasnya bagus, ini menjadi penunjang juga bagi tempat pariwisata,” imbuh Imas.

Sementara itu, Kabid Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) KBB, Aan Sopian mengatakan perbaikan dan pembangunan jalan di wilayah selatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) sejak awal tahun 2022 berhenti total.

0 Komentar