Peduli Lingkungan dan Ketahanan Pangan, Mahasiswa Pertanian Unsub, Kiwari Farm dan Agromuda Bertani Tanam Ratusan Pohon Durian 

Peduli Lingkungan dan Ketahanan Pangan, Mahasiswa Pertanian Unsub, Kiwari Farm dan Agromuda Bertani Tanam Ratusan Pohon Durian 
0 Komentar

SUBANG-Mahasiswa Pertanian (Agrorektan) Universitas Subang (Unsub) berkolaborasi dengan Kiwari Farm dan Komunitas Agromuda Bertani sukses melakukan penanaman bibit pohon durian. Penanaman dilakukan di Blok Rawasampih Dusun Talun Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang.

Penanaman tersebut dilakukan selama dua hari berturut-turut dari tanggal 14-15 Januari 2022. Bibit durian ditanam di lahan seluas sekitar 3 hektar yang dimiliki oleh Kiwari Farm. Jumlah bibit pohon durian yang ditanam sekitar 300 bibit pohon dengan varietas Musangking dan Bawor.

Kegiatan penanaman tersebut sebagai bentuk kepedulian mahasiswa pertanian (Agrorektan), Kiwari Farm serta Komunitas Agromuda Bertani terhadap lingkungan dan ketahanan pangan nasional, serta dalam peningkatan gizi masyarakat terutama dalam pemenuhan kebutahan vitamin dan mineral.

Baca Juga:Jenazah Kyai di Subang Sudah 17 Tahun Masih Utuh, Ternyata Ini Alasan Makamnya Dipindahkan! Jaksa Terapkan Restorative Justice, Pelaku Pencuri Besi Bekas Aset PT KAI di Purwadadi Dibebaskan

Kiwari Farm dimotori oleh Dedi Sumardi dan Komunitas Agromuda Bertani dimotori Deki Budiman.

Dekan Fakultas Agrobisnis dan Rekayasa Pertanian Universitas Subang, Dr. H. Kamal Ma’ruf, SE., M.Si mengaku bahagia dan bangga memiliki mahasiswa yang aktif berperan serta dalam kegiatan penanaman bibit durian.

“Kegiatan penanaman ini juga sebagai bentuk kepedulian kami dalam menjaga lingkungan dan ketahanan pangan nasional, serta untuk peningkatan gizi masyarakat terutama dalam pemenuhan kebutahan vitamin dan mineral, khususnya sebagai tambahan kebutuhan vitamin yang selama ini jarang dikonsumsi masyarakat serta berperan dalam peningkatan imunitas tubuh,” ungkapnya.

Kegiatan penanaman bibit pohon durian tersebut dilatarbelakangi oleh semakin merebaknya isu terhadap pemanasan global dan isu semakin meningkatnya jumlah populasi manusia yang tidak diimbangi dengan penyediaan pangan serta peningkatan gizi masyarakat.

Di lahan tersebut selain ditanami bibit pohon durian dengan varietas musangking dan bawor, rencana ke depannya juga akan ditanami berbagai macam tanaman buah-buahan dan sayuran seperti buah naga, sarikaya jumbo, dan tanaman sayur-sayuran lainnya.

Di lahan tersebut juga ke depannya akan dijadiakan sebagai lahan peraktek bagi mahasiswa pertanian Universitas Subang. Juga akan dijadikan sebagai Agrowisata yang akan dikelola oleh mahasiswa pertanian Universitas Subang, Kiwari Farm dan komunitas Agromuda Bertani.

Selain itu kondisi lingkungan di Subang sangat cocok untuk ditanami aneka buah-buahan, serta akan dijadikan tempat untuk rumah pembibitan dan berbagai jenis tanaman hortikultura.(rls/ysp)

0 Komentar