Keistimewaan Bulan Rajab dan Arti Bulan Rajab dalam Islam

Keutamaan hari Jumat dalam Islam
Keutamaan hari Jumat dalam agama Islam
0 Komentar

RELIGI – Umat Islam di seluruh dunia, sedang menyambut kehadiran bulan Rajab 1443 Hijriah. Dalam kalender Islam 1443 Hijriyah, 1 Rajab jatuh pada hari, Rabu 2 Februari 2022. Lalu, Nahdatul Ulama, mengumumkan 1 Rajab jatuh pada 3 Februari 2022 kemarin.

Perbedaan bukanlah untuk diperdebatkan, terlepas dari perbedaan itu, Bulan Rajab merupakan bulan yang Istimewa.

Dalam Islam, bulan Rajab ialah juga bulan muharam. Bulan Muharam terbagi empat, yakni bulan Zulkaidah, Zulhijah, Muharam dan bulan Rajab.

Keempat bulan muharam ini mempunyai kedudukan yang cukup istimewa.

Baca Juga:Harga Minyak Goreng di Subang Masih TinggiDLH Kabupaten Purwakarta: Limbah IBR Tak Mengalir ke Kolam Warga

Hal ini dilihat dari firman Allah S.W.T dalam surat At – Taubah ayat 36:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ada dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram.”

“Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangi lah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.”

Keistimewaan Bulan Rajab dan Arti Bulan Rajab dalam Islam

Dikutip dari pendapat Ulama, Syaikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Quds dalam Kitab Kanzun Najah was Surur mengatakan bahwa, Ulama berkata:

Rajab adalah bulan istighfar, Sya’ban adalah bulan shalawat kepada Nabi Saw, dan Ramadhan adalah bulan al-Quran.

Keistimewaan bulan Rajab ialah bulan dimulainya persiapan jasmani, rohani dan ekonomi menuju ibadah di bulan Ramadlan,

Do’a Rasulullah di Bulan Rajab :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

Baca Juga:Ajib! Fitur Terbaru Instagram, Durasi Video Reels Ditingkatkan Jadi 90 DetikKapolres Ketatkan Pemberian Izin Keramaian di Karawang

Bulan Rajab termasuk bulan istimewa, yang aman di dalamnya terdapat peristiwa penting, yakni Isra’ dan Mi’raj Rasulullah SAW serta perintah ibadah shalat fardlu lima waktu yang diterima Rasulullah SAW langsung dari Allah SWT, tanpa melalui Malaikat Jibril AS. Wallahu a’lam. (Jni)

0 Komentar