Status UPTD Hilang, Damkar Masuk Bidang BPBD Karawang

Status UPTD Hilang, Damkar Masuk Bidang BPBD Karawang
USEP SAEPULOH/PASUNDAN EKSPRES UPACARA: Bidang Damkar dan Penyelamatan BPBD Karawang, Rohmat seusai mengikuti acara peringatan HUT Damkar ke 103 tahun.
0 Komentar

KARAWANG-Guna meningkatkan kinerja penyelamatan pada masyarakat, UPTD Pemadam Kebakaran Karawang berubah menjadi Bidang Pemadam dan Penyelamatan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang.

Dengan berubahnya penamaan tersebut, maka tugas dan fungsi dari anggota damkar  tidak hanya penanganan saat terjadi kebakaran. Tetapi lebih banyak pada wilayah penyelamatan musibah secara umum.

“Pada awal Januari 2022 kita berubah jadi Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan,” ujar Kepala Bidang Damkar dan Penyelamatan BPBD Karawang, Rohmat seusai mengikuti acara peringatan HUT Damkar ke 103 tahun.

Baca Juga:Targetkan 1.000 Dosis Vaksin Tiap Hari di Pelosok Pantai Utara KarawangReses di Majalengka, Linda Megawati Minta Masyarakat Tetap Jaga Prokes

Rohmat mengatakan, sebelum adanya perubahan SOTK baru pada awal tahun 2022, peran penyelamatan terhadap musibah atau bencana yang terjadi di Karawang memang sudah dikerjakan oleh anggota pemadam kebakaran. Tidak hanya pertolongan atau penanganan kebakaran, petugas damkar juga sudah sering melakukan evakuasi banjir, menurunkan sarang tawon dan juga menangkap ular liar.

“Sebenernya sudah dari dulu kita juga lebih ke penyelematan. Padahal SOTK nya baru tahun ini,” katanya.

Dengan adanya SOTK baru yang menjadikan damkar dari UPTD menjadi bidang, kata dia, cakupan serta program-program yang ada bisa lebih luas. Bahkan ia berharap kedepannya Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ini bisa menjadi dinas seperti di daerah-daerah lain.

“Mudah-mudahan ke depannya bisa jadi dinas. Kalau hanya bidang anggarannya terbatas. Kalau dinas pelayanan terhadap masyarakat bisa lebih optimal,” katanya.(use/vry)

0 Komentar