8 Manfaat Sayur Kol untuk Kesehatan

Manfaat Sayur Kol untuk Kesehatan!
0 Komentar

RAGAM-Sekilas tampilan kembang kol terlihat sangat mirip dengan selada. Namun, sayuran ini ternyata termasuk ke dalam genus tanaman Brassica (satu keluarga dengan brokoli). Sayuran ini telah ditanam di berbagai daerah bahkan dunia selama ribuan tahun.

Kembang kol memiliki berbagai bentuk dan warna, seperti merah, ungu, putih, dan hijau serta daunnya ada yang berkerut atau halus. Sayur kol dapat ditemukan di berbagai hidangan, seperti makanan asal Korea, yakni kimchi.

Sering diabaikan, ternyata kembang kol memiliki kandungan nutrisi yang cukup mengesankan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita. Asal dikonsumsinya dalam takaran tepat.

Kandungan Kol

Baca Juga:7 Manfaat Minum Air Dingin, Bantu Perbaiki Mood hingga Turunkan Berat BadanKetua DPRD Purwakarta Puas Atas Capaian Hasil Pertanian

Kandungan vitamin B6 dan folat pada sayuran ini memiliki peran penting untuk metabolisme energi dan fungsi normal sistem saraf. Ia juga kaya antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Seperti kandungan vitamin C yang tinggi dapat terlindungi dari penyakit jantung, kanker, dan gangguan penglihatan.

Manfaat/Khasiat Kol untuk Kesehatan:

Selain kaya akan nutrisi dan kandungan antioksidan, ternyata sayur kol memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat sayur kol bagi kesehatan:

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Banyak orang mengira kolesterol itu buruk, tetapi ternyata tidak selalu buruk bagi tubuh.  Orang yang memiliki kolesterol tinggi cenderung memiliki peningkatan risiko penyakit jantung, terutama saat kadar kolesterol jahat alias low-density lipoprotein (LDL) mengalami peningkatan.

Kembang kol mengandung dua zat yang telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL yang tidak sehat bagi tubuh.

0 Komentar