Sering Dikira Sayur, Ini 9 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Sering Dikira Sayur, Ini 9 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan
0 Komentar

RAGAM– Sebagian orang hanya mengetahui manfaat tomat untuk kesehatan mata. Padahal, buah yang sering disangka sayur ini memiliki beragam manfaat lain yang juga baik untuk kesehatan, seperti mencegah kanker dan mengontrol kadar gula darah.Manfaat Tomat Bagi Kesehatan.

Ada beragam jenis tomat yang  dibudidayakan di indonesia. Setiap jenis tomat tersebut umumnya memiliki ukuran, warna, dan rasa yang berbeda-beda. Buah ini sering dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi jus, atau sebagai campuran bahan masakan. Tomat dikenal sebagai buah yang rendah kalori dan lemak serta kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, folat dan kalium. Buah ini juga mengandung berbagai antioksidan, seperti likopen, lutein, dan zeaxanthin.

Berbagai manfaat tomat untuk kesehatan

Berbagai kandungan nutrisi didalam tomat tersebut dipercaya baik untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat tomat yang dapat anda proleh:

Baca Juga:Beberapa Manfaat memakai Kacamata Hitam, Bukan hanya untuk GayaEfek Negatif dari Terlalu Sering Makan Mie Instan

  1. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Tomat mengandung antioksidan berupa likopen yang baik untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa jenis kanker, seperti kanker prosat, kanker paru-paru, dan kanker lambung. Tak hanya itu, kandungan karotenoid, yaitu zat yang memberikan warna alami pada tomat, dipercaya baik untuk manghambat penyebaran kanker payudara.

  1. Menurunkan dan mengontrol tekanan

Mengonsumsi makanan kaya kalium, termasuk tomat, bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Manfaat ini berasal dari kandungan kalium didalam tomat yang mampu  mengurangi efek natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, tomat baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

  1. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan lutein dan likopen didalam tomat dapat menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) dan mengurangi resiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah. Efek ini menjadikan tomat sebagai salah satu makanan yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

  1. Mencegah penuaan dini pada kulit

Beberapa setudi menyatakan bahwa kandungan karotenoid dan likopen didalam tomat dapat  mencegah penularan produksi kolagen dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C dalam tomat juga berpungsi sebagai perangsang kolagen. Manfaat tomat ini dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini pada kulit yang ditandai dengan munculnya kerutan maupun garis-garis halus, kulit kendur, dan kulit tampak kusam.

0 Komentar