Deretan Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Deretan Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan
Deretan Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan
0 Komentar

Health – Ada banyak sekali manfaat daun binahong bagi kesehatan kemampuannya dalam mengatasi luka bakar sampai penyakit ginjal kronis. Selain itu, ternyata masih banyak lagi berikut akan dipaparkan mengenai manfaat daun binahong yang dikutip dari orami.co.id.

Daun binahong dijuluki dengan nama Madeira vine dalam bahasa Inggris, dengan nama ilmiah Anredera cordifolia. Daun ini banyak tumbuh di Asia Tenggara dan kawasan tropis di Amerika Serikat.

Selain mudah ditemukan, keistimewaan daun binahong juga banyak sekali untuk kesehatan. Berikut ini penjelasannya, dilansir melalui jurnal Advances in Health Sciences.

Deretan Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Mencegah Penyakit Jantung

Baca Juga:Merawat Kesehatan Jantung dengan Deretan Makanan BerikutResep Opor Ayam Kuning dan Putih, Lengkap Bersama Asal-Usulnya

Ternyata, salah satu manfaat daun binahong untuk kesehatan yaitu dapat menangkal penyakit jantung. Kandungan saponin dalam daun binahong dapat menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh.

Caranya sama seperti dengan menyajikan teh yaitu diseduh. Tambahkan gula atau madu untuk mendapatkan rasa yang lebih enak dan manis. Racikan ini dapat diminum dua kali sehari.

Mengobati Luka Bakar

Seperti diketahui bahwa luka bakar harus diberi perhatian cepat. Menururt penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 lalu, terbukti bahwa salep yang mengandung 5% ekstrak daun binahong mampu mengobati luka bakar dengan cepat. Kunci dari proses penyembuhan luka bakar adalah pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit. Ketika ekstrak daun binahong digunakan, manfaat daun binahong terlihat bahwa luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik ketimbang tidak menggunakan daun binahong.

Mengobati Maag

Daun binahong juga dipercaya dapat mengobati asam urat. Mengonsumsi rebusan daun binahong secara berkala dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh. Purin adalah senyawa organik dalam DNA tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat.

Maka, apabila Moms merasa telah makan menu seperti jeroan, daging merah, hingga kacang-kacangan dengan porsi berlebihan, ada baiknya mengimbangi dengan minum air rebusan daun binahong.

Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Kanker dapat timbul ketika ada pertumbuhan sel yang tidak normal dalam tubuh. Tak usah khawatir, manfaat daun binahong selanjutnya dapat mencegah terjadinya kanker.

0 Komentar