Hukum Mandi Wajib Bersama Suami Istri! Sunnah yang Banyak Manfaatnya

Hukum Mandi Wajib Bersama Suami Istri! Sunnah yang Banyak Manfaatnya (ilustrasi setelah mandi)
Hukum Mandi Wajib Bersama Suami Istri! Sunnah yang Banyak Manfaatnya (ilustrasi setelah mandi)
0 Komentar

Hukum Mandi Bersama Dalam Islam

Hukum Mandi Wajib Bersama Suami Istri! Sunnah yang Banyak Manfaatnya.  Dalam kehidupan rumah tangga, tentu saja kedua pasangan suami istri harus bisa saling menjaga Keharmonisan rumah tangga

Hal itu salah satunya bisa saja diwujudkan dengan cara-cara sederhana, contohnya dengan mandi bersama pasangan halal.

Telah diberikan contoh oleh Nabi Muhammad SAW kepada istri-istrinya. Dalam hal ini, rumah tangga dengan pasangan halal, dalam Islam hal tersebut wajar adanya.

Baca Juga:Parsel Produk UMKM Di Kabupaten Bekasi Banyak DiminatiSahrul Gunawan Diyakini Dongkrak Suara Partai Golkar

Hukum Mandi Wajib Bersama Suami Istri! Sunnah yang Banyak Manfaatnya

Seperti yang ada dalam Hadit’s dan Riwayat Al-Bukhari no. 316, Al-Muslim no. 321. ‘Aisyah berkata,

Aku dan Rasulullâh mandi bersama dalam suatu wadah yang sama sedangkan kami berdua dalam keadaan junub.”

Selanjutnya, Imam Muslim Rahimahullahu Ta’ala menyampaikan suatu riwayat agung dari Ummul Mukminin Aisyah binti Abu Bakar ash-Shiddiq:

“Aku mandi bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam dari satu bejana. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam mendahuluiku sampai aku berkata, ‘Tinggalkan untukku. Tinggalkan untukku.’”

Seperti dilansir dari laman Genpi, bahwa kelanjutan riwayat yang dikutip oleh Salim A Fillah dalam Bahagianya Merayakan Cinta ini disebutkan, “Waktu itu, keduanya berjanabat (mandi wajib).”

Lihat Juga: Tata Cara Mandi Junub Atau Mandi Wajib Sesuai Rukun dan Sunnah Serta Manfaatnya

Tak hanya sekali ini Rasulullah SAW diriwayatkan mandi bersama istri. Sebab diketahui pada riwayat lain, oleh Imam Abdurrazaq dan Ibnu Abi Syaibah Rahimahumallahu Ta’ala, dikisahkan dari Ummul Mukminin Ummu Salamah Radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

Baca Juga:Stok dan Harga 12 Bahan Pokok di Pasar Caringin Dipastikan Aman40 Persen APBD Kabupaten Bandung Barat Dibelanjakan ke Produk UMKM Lokal, Dorong Pemulihan Ekonomi

“Aku biasa mandi bersama dengan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam dari satu bejana. Kami terbiasa memasukkan tangan kami bersama-sama ke dalam satu bejana.”

Nabi Muhammad SAW memberi contoh terbaik untuk umatnya. Misalnya membangun kemesraan dan keharmonisan suami istri dengan Mandi berdua. Dengan Saling bercanda gurau rebut air dan alat mandi, sampai akhrinya terpupuk sebuah senyum dan tawa renyah dari kedua suami istri.

0 Komentar