Berkendara Saat Mudik, Begini Doanya

Berkendara Saat Mudik, Begini Doanya
Ilustrasi Cuti Bersama
0 Komentar

Religi – Bulan Ramadhan sebentar lagi berakhir, biasanya umat Muslim khususnya di Indonesia melakukan perjalanan ke kampung halaman atau mudik. Bukan hanya memastikan bahwa kendaraan sudah siap dan aman untuk menuju kampung halaman, pemudik juga disarankan untuk membaca doa agar diberi keselamatan selama di perjalanan.

Dalam tulisan NU Online berjudul Doa Naik Kendaraan dipaparkan doa yang bisa dibaca saat akan berkendara untuk mudik atau perjalanan pada umumnya sebagai berikut :

1. Bismillah

2. Lalu membaca doa berikut:

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Alhamdulillāhilladzī/subhānalladzī sakhkhara lanā hādzā wa mā kunnā lahū muqrinīna, wa innā ilā rabbinā lamunqalibūna.

Baca Juga:Deretan Manfaat Bermain Lego untuk Sang Buah Hati, Sangat PentingAir Masuk Telinga Saat Berpuasa, Apa Hukumnya?

Artinya, “Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.”  3. Alhamdulillāh (3 kali).

3. Alhamdulillāh (3 kali).

4. Allāhu akbar (3 kali).

5. Kemudian membaca doa berikut:    سُبْحَانَكَ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Subhānaka innī zhalamtu nafsī faghfirlī fa innahū lā yaghfiruz dzunūba illā anta.

Artinya, “Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau.”

Doa ini disampaikan oleh Imam an-Nawawi dalam al-Adzkar. Ia mengutip riwayat Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasai dari Sayyidina Ali ra terkait doa berkendaraan. (Imam an-Nawawi, al-Adzkar, 1971: 188).

Dalam pengaplikasiannya, orang sering menyingkat doa di atas hanya membaca nomor satu yaitu membaca basmalah dan nomor dua yaitu membaca

Subhānaka innī zhalamtu nafsī faghfirlī fa innahū lā yaghfiruz dzunūba illā anta.

Selain bacaan-bacaan di atas, pemudik juga bisa membaca surat Al-Ikhlash saat perjalanan sebagaimana dijelaskan dalam tulisan NU Online berjudul Doa Perjalanan Mudik. Berikut bacaan lengkap Surat Al-Ikhlash:

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (1) اللَّهُ الصَّمَدُ (2) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (3) وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Baca Juga:Mengapa Bekas Luka Menghitam? Begini PenjelasannyaIde Menu Buka Puasa Dari Berbagai Penjuru Dunia

Artinya, “Katakanlah, ‘Dialah Allah yang esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya.’” Anda yang akan melakukan perjalanan mudik semoga diberi kelancaran perjalanan hingga bisa bertemu sanak saudara di kampung halaman. (yni)

0 Komentar