Kolonel Inf. Agus Sasmita Jabat Danpuslitpassus Kopassus

SERTIJAB: Serah terima jabatan Komandan Pusdiklatpassus Kopassus Brigjen TNI Thevi A Zebua kepada Kol. Inf. Agus Sasmita di Lapang Hitam Kesatrian Idjon djambi Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (19/4). IST
SERTIJAB: Serah terima jabatan Komandan Pusdiklatpassus Kopassus Brigjen TNI Thevi A Zebua kepada Kol. Inf. Agus Sasmita di Lapang Hitam Kesatrian Idjon djambi Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (19/4). IST
0 Komentar

BANDUNG BARAT-Kol. Inf. Agus Sasmita resmi menjadi Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus. Kolonel Agus menggantikan Komandan lama, Brigjen TNI Thevi A Zebua yang kini dipercaya menjabat jadi Waaslat Kasad Bid Kermamil.

Kolonel Inf. Agus Sasmita, sebelumnya menduduki jabatan Paban V/Inteltek Sintelad ini, bukan orang baru di lingkungan Pusdiklatpassus. Pada tahun 2016-2017, Agus Sasmita pernah menjabat sebagai Komandan Pusdikpassus yang sekarang berganti nama Pusdiklatpassus.

Serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Pusdiklatpassus Kopassus tersebut dilaksanakan di Lapang hitam Kesatrian Idjon djambi Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (19/4).

Baca Juga:Pengertian I’Tikaf Menurut 3 dari 4 Imam Mazhab, dan Cara Melaksanakannya! Agar Penghujung Ramadhan BerkahUsai Dilantik sebagai Wali Kota Definitif Bandung, Yana Mulyana Siap Tuntaskan Janji Politik

Upacara Sertijab dipimpin Danjen Kopasssus Brigjen TNI Iwan Setiawan. Seperti diketahui, Brigjen TNI Iwan Setiawan juga masih terbilang baru menjabat Danjen Kopassus, menggantikan Mayjen TNI Widi Prasetijono, yang kini menduduki jabatan Panglima Kodam IV Dipenogoro.

Dalam sambutannya, Brigjen TNI Iwan Setiawan menyatakan, kegiatan sertijab tersebut merupakan rangkaian dari prosesi tour of duty dan tour of area di lingkungan Kopassus, sebagai konsekuensi logis dari tuntutan kebutuhan organisasi.

“Sekaligus merupakan upaya penyelenggaraan dalam rangka pembinaan personil sebagai bagian dari pembinaan satuan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, Pusdiklatpassus merupakan salah satu satuan di jajaran Kopassus yang menyelenggarakan pendidikan dan latihan bagi prajurit Kopassus. Termasuk diantaranya, Raider, Para dasar, dan pendidikan lain yang diikuti oleh seluruh jajaran TNI Angkatan Darat.

Kopassus mempunyai peran penting dalam menciptakan postur dan mental prajurit komando yang akan bertugas di satuan-satuan operasional jajaran Kopassus.

“Tentunya untuk mencapai itu semua diperlukan kreativitas, inovasi Danpusdik, Para Danse sampai dengan pelatih,” ucapnya lagi.

Mereka inilah yang langsung bersentuhan dengan peserta didik untuk terus mengembangkan metode pendidikan yang mampu menjawab tuntutan tugas dimasa mendatang.

Baca Juga:Vaksin Booster di Cimahi Belum Tercapai TargetBaznas Diajak Kolaborasi Bantu Usaha Masyarakat, Dorong Pemulihan Ekonomi

Menurut Iwan, pergantian personel di tubuh Kopassus dalam upaya menemukan kreativitas dan inovasi yang baru dari seorang komandan satuan. Selain itu, untuk menciptakan prajurit komando yang militan dan profesional.

Pada kesempatan tersebut, Danjen Kopassus menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada Brigjen TNI Thevi A Zebua serta istrinya yang akan melanjutkan pengabdian di luar Satuan Kopassus.

0 Komentar