Lafadz Niat Puasa Syawal 2022 Sekaligus Bayar Hutang Puasa Ramadhan, Lengkap Keutamaannya

Lafadz Niat Puasa Syawal 2022, Lengkap Keutamaannya
Lafadz Niat Puasa Syawal 2022, Lengkap Keutamaannya
0 Komentar

Oleh karena itu, Hadits berpuasa 6 hari di bulan Syawal ini termasuk hadits mutawatir. Hukum berpuasa 6 hari di bulan Syawal merupakan sunnah yang baru boleh dilaksanakan mulai tanggal 2 Syawal. Dan berbalik Haram dilaksanakan jika mulai tanggl 01 Syawal.

Seperti keterangan dalam hadits,  dari Abu Sa’id al-Khudri, dia berkata,

عن عمر بن الخطاب وأبي هريرة وأبي سعيد رضي الله عنهم أن رسول الله صلى الله عليه وسلم نهى عن صوم يوم الفطر ويوم الأضحى

Nabi Muhammad Saw., melarang berpuasa pada dua hari raya; Idul Fitri dan Idul Adha. (Maksudnya tanggal satu Syawal atau sepuluh bulan Dzulhijjah).

Baca Juga:Idulfitri 1443H Uu Ingatkan Sebagai Momen untuk Memperbaiki DiriShalat Idulfitri di Gasibu, Ridwan Kamil: Meraih Kemenangan di Hari Bahagia

Tentang Niat Dibaca Dalam Hati

Bacaan Do’a puasa (lafadz) berbahasa Arab Sunah diucapkan di mulut, dan Niat puasa Ramadhan wajib dilakukan, dan Niat itu diucapkan di dalam hati, bukan dimulut, jika dimulut adalah Lafadz niat.

Ulama Mazhab Syafi’i sangat berhati-hati ketika merumuskan suatu hukum syari’at.

Diterangkan dalam Kitab Kifayatul Akhyar, karya Syekh Taqiyyuddin Abu Bakar bin Muhammad Al Hisni:

ولا يصح الصوم إلا بالنية للخبر. ومحلها القلب, ولايشترط النطق بها بلا خلاف, وتجب النية لكل ليلة لان كل يوم عبادة مستقلة , ألا ترى أنه لا يفسد بقية الأيام بفساد يوم منه. فلو نوى الشهر كله, صح له اليوم الأول على المذهب.

Yang Artinya: “Puasa tidak sah tanpa niat. Keharusan niat didasarkan pada hadits. Tempat niat itu di hati. Karenanya, niat tidak disyaratkan secara lisan. Ketentuan ini disepakati bulat ulama tanpa perbedaan pendapat.

Argumen dari kalangan madzhab Syafi’i atas kewajiban membaca niat puasa wajib di malam hari, diperinci oleh Syekh Sulaiman Al-Bujairimi dalam Hasyiyatul Iqna’-nya, yaitu:

ويشترط لفرض الصوم من رمضان أو غيره كقضاء أو نذر التبييت وهو إيقاع النية ليلا لقوله صلى الله عليه وسلم: من لم يبيت النية قبل الفجر فلا صيام له. ولا بد من التبييت لكل يوم لظاهر الخبر

Artinya, “Disyaratkan memasang niat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadhan, puasa qadha, atau puasa nadzar. Syarat ini berdasar pada hadits Rasulullah SAW, ‘Siapa yang tidak memalamkan niat sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.’ Karenanya, tidak ada jalan lain kecuali berniat puasa setiap hari berdasar pada redaksi zahir hadits,” (Lihat Syekh Sulaiman Al-Bujairimi, Hasyiyatul Iqna’, [Beirut, Darul Fikr: 2007 M/1428 H], juz II). Wallahu a’lam. (Jni)

0 Komentar