Fakta Unik Tentang Telur Asin yang Dapat Dijadikan Ide Bisnis Kekinian

Fakta Unik Tentang Telur Asin yang Dapat Dijadikan Ide Bisnis Kekinian
Fakta Unik Tentang Telur Asin yang Dapat Dijadikan Ide Bisnis Kekinian
0 Komentar

Food & Traveling – Makanan dengan rasa yang sangat asin biasanya dikaitkan dengan masakan orang yang kebelet menikah.

Tetapi, tidak selalu demikian Indonesia punya kearifan lokal bernama telur asin yang diyakini akan membuatmu berekspresi tidak biasa saat mengonsumsinya.

Telur asin adalah hasil olahan dari telur bebek pelari (Anas platyrhynchos domesticus). Rasanya tak sama dengan telur ayam yang lebih dikenal di kalangan masyarakat. Berikut fakta-fakta unik tentang telur asin yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk memulai bisnis.

Baca Juga:Segera Periksa Nama Anda di sini, Jika Dapat Urutan Berangkat Haji Tahun IniHati-hati Mudik Jalur Laut, Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter

Fakta Unik Tentang Telur Asin yang Dapat Dijadikan Ide Bisnis Kekinian

  • Peninggalan Budaya

Di Indonesia, telur asin adalah makanan khas Brebes, Jawa Tengah. Pada 2020 lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan olahan ini sebagai warisan budaya takbenda.

Artinya, warisan ini mempunyai nilai sejarah, turun-temurun dari generasi ke generasi, dan menjangkau berbagai kalangan sehingga tercipta perasaan saling menghargai terhadap perbedaan budaya dan kreativitas.

Bicara sejarah, asal mula telur asin tak dapat dipisahkan dari masyarakat keturunan Tionghoa di Brebes. Tercatat, teknik pengolahan ini berasal dari budaya leluhur mereka di Tiongkok. Hal itu tercantum dalam kitab ilmu pertanian berjudul Qimin Yaoshu yang ditulis pejabat Dinasti Wei Utara, Jia Sixie, sekitar 533-544 SM.

  • Cara pembuatannya praktis

Mengasinkan makanan juga jadi upaya pengawetan. Kemudian, lokasi Brebes yang berada di pesisir laut membuat stok garam mereka melimpah ruah. Telur asin pun jadi makanan cocok yang dibawa bepergian karena praktis.

Cara membuatnya pun tergolong mudah. Jika kamu tertarik membuatnya sendiri, cukup siapkan telur bebek, air, garam, stoples, dan amplas untuk membuka pori-pori telur.

Setelah diyakini telur dalam keadaan baik dan bersih, masukkan air dan garam ke wadah berisi air. Simpan di ruang tanpa sinar matahari selama 10-12 hari. Setelah itu, rebus telur dalam waktu 1,5 jam. Telur asin pun siap dinikmati.

  • Dapat digunakan sebagai teman makan

Mayoritas orang indonesia, makan tak lengkap jika tanpa nasi. Hal tersebut tak terlepas dari cita rasa yang kuat dari berbagai makanan Indonesia. Keduanya akan jadi perpaduan yang seimbang karena nasi cenderung tak memiliki rasa dan mengenyangkan.

0 Komentar