CEK FAKTA: Apakah Makanan Pedas Efektif Redakan Sakit Kepala atau Migrain?

CEK FAKTA: Apakah Makanan Pedas Efektif Redakan Sakit Kepala atau Migrain?
Foto oleh Karolina Grabowska/Pexels
0 Komentar

HEALTH-Para pecinta pedas meyakini bahwa makan makanan pedas bisa mengurangi sakit kepala. Mungkin juga kamu sendiri pernah mendengarnya bahwa makanan pedas bisa atasi sakit kepala, namun benarkah demikian?

Melansir dari berbagai sumber rasa pedas yang selama manusia rasakan sebenarnya merupakan rasa nyeri dan panas di lidah akibat zat capsaicin yang terdapat pada cabai.

Adrenalin itu sendiri merupakan zat yang dihasilkan oleh tubuh ketika dalam keadaan waspada. Adrenalin bisa menyebabkan kerja jantung lebih cepat dan pembuluh darah melebar.

Baca Juga:Begini Penjelasan Meninggal Dikarenakan Tenggelam, Dihukumi Syahid AkhiratSampaikan Duka Cita Mendalam, Wabup Subang Mohon Doa Terbaik untuk Eril

Pada akhirnya memiliki efek mengurangi rasa ngantuk, dan selain itu, kamu juga akan mengeluarkan keringat yang lebih banyak ketika makan pedas. Hal ini sama seperti saat kamu sedang berolahraga. Maka tak heran, banyak orang yang akan merasa lebih segar seusai menyantap makanan pedas, seperti setelah olahraga.

Selain adrenalin, pedas juga memicu pengeluaran endorfin. Endorfin adalah zat kimia alami tubuh yang memicu rasa senang. Selain itu, endorfin juga bisa bermanfaat sebagai anti nyeri. Itulah kenapa sebagian orang yang sakit kepala setelah memakan makanan pedas akan merasa lebih enakan.

Intinya, makan makanan pedas untuk mengatasi sakit kepala bukanlah mitos. Ada penjelasan ilmiah di balik pernyataan ini. Namun, bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya secara berlebihan ya! (erz)

0 Komentar