Pertalite dan Solar Dibatasi! Berimbas Ekonomi Melambat

Pengamat Ekonomi Universitas Pasundan, Acuviarta Kartabi.
Pengamat Ekonomi Universitas Pasundan, Acuviarta Kartabi.
0 Komentar

BANDUNG-Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi Pertamax pada April lalu, memicu migrasi besar-besaran konsumen Pertamax ke Pertalite subsidi.

Oleh karena itu, pemerintah berencana membatasi pembelian untuk kendaraan mewah. Selain itu, pemerintah pun bakal memberlakukan pembelian Pertalite menggunakan aplikasi My Pertamina.

Tujuannya untuk mendata dan membatasi pembelian. Alhasil, data yang diverifikasi jadi acuan pertalite tepat sasaran. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2022, pemerintah mengalokasikan total anggaran subsidi sebesar Rp206,9 triliun.

Baca Juga:Siswa Sekolah Menengah Alam Purwakarta Unjuk Talenta, Bisa Kenali Bakat Sejak DiniKabar Baik! Guru Honorer yang Memenuhi Persyaratan Akan Diangkat jadi PPPK

Terbagi: subsidi energi Rp134 triliun, subsidi non/energi Rp72,9 triliun. Sementara konsumsi Pertalite, berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, di tahun 2021 hampir mencapai 80% atau sebesar 23 juta kiloliter (KL) diantara BBM lainnya. Seperti: Pertamax, Pertamax Turbo dan Premium. Saat ini, Pertalite menjadi BBM andalan masyarakat Indonesia. Terlebih dalam konsumsinya pun kian meningkat. Tercatat, dari tahun 2017 hingga 2021: 14,5 juta KL, 17,7 juta KL, 19,4 juta KL, 18,1 juta Kl dan 23 juta KL.

Disamping itu, pemerintah pun perlu mengantisipasi pembatasan pembelian Pertalite. Dikhawatiran mengganggu perekonomi maupun meningkatnya inflasi.

Seperti saat kenaikan Pertamax. Mulai dari PPN yang menjadi 11 persen hingga perencanaan pajak karbon.

Pakar ekonomi Universitas Pasundan (Unpas), Acuviarta Kartabi mengatakan, pembatasan pembelian bahan bakar minyak jenis Pertalite merupakan bagian dampak dari kenaikan Pertamax.

Menurutnya, pembatasan Pertalite pun mempunyai dampak terhadap inflasi. Pasalnya, saat ini sejumlah komoditas seperti: cabai merah, cabai rawit, bawang merah, serta bawang putih kian merangkak naik.

“Akan berdampak pada inflasi. Sebab, mungkin orang terpaksa mengkonsumsi Pertamax lalu dibebankan kepada harga produk yang mereka hasilkan,” kata Acuviarta kepada Jabar Ekspres, Kamis (16/6).

“Ini memperlambat kondisi perekonomian. Karena secara otomatis berdampak pada kenaikan harga transportasi. Bahkan mungkin ada dampak pada komuditas lain,” imbuhnya.

Baca Juga:Pemkot dan DPRD Cimahi Setujui Anggaran Pilkada 2024 Rp 44 MiliarKiran Signature, Rekomendasi Tempat Nyaman Minum Kopi Sembari Bersantai di Subang

Meskipun masyarakat tidak memaksakan untuk memakai Pertamax, kata dia, namun tetap muncul spekulasi untuk mengklaim ongkos naik.

“Meningkatnya aspek spekulasi yang perlu di waspadai. Ini saya kira perlu evaluasi lebih baik terkait perkembangan komuditas sebagai dampak pembatasan Pertalite,” katanya.

0 Komentar