Unik! Begini Lima Tradisi Idul Adha di Berbagai Daerah Indonesia

Unik! Begini Lima Tradisi Idul Adha di Berbagai Daerah Indonesia
Unik! Begini Lima Tradisi Idul Adha di Berbagai Daerah Indonesia
0 Komentar

Ragam – Bukan hanya Hari Raya Idul Fitri, umat islam juga merayakan Hari Raya Idul Adha setiap tahunnya. Terdapat banyak tradisi Idul Adha di Indonesia, yang tentunya unik dan menarik.

Saat Idul Adha, para kaum Muslim mengingat peristiwa Nabi Ibrahim yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu ditukar oleh-Nya dengan hewan kurban berupa domba.

Bukan hanya dikenal dengan peristiwa kurban, hari raya yang dirayakan setiap hari ke-10 bulan ke-12 (Zulhijah) kalender Hijriyah ini juga mempunyai tradisi Idul Adha yang menarik dari setiap daerah di Indonesia.

Setiap tradisi Idul Adha tersebut memiliki arti dan keunikannya tersendiri.

Baca Juga:Tandai Dari Sekarang! Kumpulan Ucapan Hari Raya Idul Adha 2022Jelang Haul dan Harlah Pondok Pesantren Pagelaran 3, Berikut Rangkaian Acara yang Digelar

Unik! Begini Lima Tradisi Idul Adha di Berbagai Daerah Indonesia

Accera Kalompoang, Gowa

Tradisi Idul Adha pertama di Indonesia dirayakan di wilayah Gowa, Sulawesi Selatan yang bernama Accera Kalompoang dan bersifat sakral.

Mayoritas, Accera Kalompoang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut menjelang dan pada saat Hari Raya Idul Adha.

Accera Kalompoang adalah acara ritual pencucian benda-benda peninggalan Kerajaan Gowa yang masih tersimpan di Istana Balla Lompoa. Upacara ini digelar di rumah adat Balla Lompoa atau Istana Raja Gowa.

Apitan, Semarang

Tradisi Idul Adha Apitan dilaksanakan sebagai simbol rasa syukur atas rezeki berupa hasil bumi yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Tradisi ini biasanya diisi dengan pembacaan doa yang kemudian dilanjutkan dengan arak-arakan hasil tani dan hasil ternak.

Kemudian, hasil tani yang diarak ini akan diambil secara rebutan oleh masyarakat setempat.

Baca Juga:Simak! Begini Perbedaan Kurban Wajib dan SunnahTekan Serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan

Tradisi Apitan diyakini menjadi kebiasaan para Wali Songo dahulu sebagai ungkapan rasa syukur di perayaan Idul Adha.

Bukan hanya gunungan berupa hasil tani atau arak-arakan ternak, masyarakat yang menyaksikan Apitan juga akan disuguhkan dengan hiburan khas kearifan lokal.

Grebeg Gunungan, Yogyakarta

Tradisi Idul Adha lainnya yang tak kalah terkenal dirayakan oleh masyarakat Indonesia adalah Grebeg Gunungan di Yogyakarta

Tradisi Idul Adha ini cukup mirip dengan tradisi Apitan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Semarang.

0 Komentar