Bangun Kemudahan Investasi di Daerah, Bupati Subang Kolaborasi dengan Suryacipta

Bangun Kemudahan Investasi di Daerah, Bupati Subang Kolaborasi dengan Suryacipta
0 Komentar

JAWA BARAT – Siapkan kemudahan investasi di daerah, Bupati Subang H. Ruhimat beserta Kepala Biro BUMD Investasi dan Adbang Provinsi Jawa Barat berkunjung ke Suryacipta City of Industry di Karawang guna observasi dan diskusi secara langsung untuk menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Ekosistem Investasi Daerah dan Kawasan Industri pada hari Rabu, 27 Juli 2022.

Sehubungan dengan ekspansi kawasan industri yang dilakukan oleh PT Suryacipta Swadaya (Suryacipta) ke daerah Subang yang bertajuk “Subang Smartpolitan”, maka Pemerintah Daerah (Pemda) Subang bergegas untuk menyiapkan ekosistem investasi yang menguntungkan bagi semua pihak.

Bupati Subang, H. Ruhimat berharap dengan hadirnya Perda tentang kawasan Industri, para investor akan merasa nyaman untuk berinvestasi di Kabupaten Subang, “Harapan kami disaat nanti investor masuk ke Subang, saya ingin betul betul tercipta keamanan, ketertiban, kebersihan dan kenyamanan, itu tujuan utama.”

Baca Juga:Disparpora Subang Maksimalkan Pengelolaan Wahana OlahragaJaga Flora dan Fauna Langka, Aqua Subang Kembangkan Taman Keanekaragaman Hayati

Selanjutnya, H. Ruhimat menyampaikan bahwa dirinya juga ingin dengan adanya Perda ini, akan meningkatkan peran masyarakat Subang di kawasan industri, “Rakyat tidak ingin hanya menjadi penonton di wilayahnya sendiri.”

Seperti diketahui, pertumbuhan PDRB Jawa Barat yang sebelumnya berkisar diatas 5% per tahun, menurun drastis di tahun 2020 dan 2021 akibat pandemi. Namun demikian, pada triwulan I 2022, Jawa Barat mencatat pertumbuhan positif sebesar 5,61% (y-o-y), lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional, bahkan tertinggi di Pulau Jawa.

Industri pengolahan yang merupakan kontributor terbesar bagi PDRB Jawa Barat disinyalir mulai pulih di 2022. Sektor tersebut mencatat pertumbuhan tertinggi dan berperan dalam mendorong peningkatan PDRB Jawa Barat secara keseluruhan.

Mengacu pada aktivitas industri pengolahan di Karawang, termasuk di Suryacipta City of Industry, yang telah mendorong kabupaten tersebut menjadi daerah industri utama di Jawa Barat, kehadiran Subang Smartpolitan diharapkan dapat memberikan manfaat yang sama bagi Kabupaten Subang.

Direktur Pengembangan Suryacipta dan Kepala Perencanaan Pembangunan Subang Smartpolitan, Didi Wihardi dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya atas dipilihnya Suryacipta sebagai perusahaan yang menjadi acuan Pemda dalam penyusunan Perda Kawasan Industri di Kabupaten Subang, “Satu kehormatan bagi kami, Kawasan kami dijadikan satu acuan dalam rangka penyusunan peraturan yang akan menjadi dasar pengelolaan industri di seluruh Kabupaten Subang.”

0 Komentar