Pemdes Kotasari Genjot Produksi Pertanian

Pemdes Kotasari Genjot Produksi Pertanian
0 Komentar

SUBANG-Sebagai upaya menggenjot produktivitas pertanian dan distribusi angkutan hasil panen, Pemdes Kotasari Kecamatan Pusakanagara membangun jalan cor beton di area pesawahan.

Jalan cor beton sepanjang 80 meter tersebut didanai dari Alokasi Dana Desa (DD) tahun 2022. Saat ini selain program padat karya tunai, ada pula program ketahanan pangan melalui anggaran DD tahun 2022.

Teknis pengerjaan jalan usaha tani itu pun melibatkan warga dan petani setempat. Sebelumnya saat musim hujan tiba, petani sangat sulit melintasi jalan tersebut, baik roda empat maupun roda dua. Oleh karena itu, menjadi prioritas pembangunan infrastruktur tahun ini.

Baca Juga:MilitanVaksin Meningitis Kosong, Calon Jamaah Umrah Terancam Bagal Berangkat

“Dengan peningkatan cor beton jalan usaha tani yang berlokasi di Dusun Liangbuaya Selatan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat lebih luas bagi masyarakat dan petani Desa Kotasari. Selain itu akan menunjang roda perekonomian petani khususnya di bidang pertanian dan perkebunan,” ujar Sulaeman, S.Pd Kades Kotasari yang menjabat untuk dua periode ini.

Selain itu, pembangunan jalan usaha tani merupakan sebagai sarana penunjang aktivitas masyarakat khususnya di bidang pertanian. Petani akan mudah mengangkut hasil panen maupun hasil usaha tani lainnya untuk dijual ke pasar.

Salah satu petani asal Liangbuaya menyampaikan ucapan  terimakasih dan sangat mengapresiasi atas kinerja Kepala Desa Kotasari. “Alhamdulillah jalan menuju ke sawah yang tadinya sulit dilalui kendaraan sekarang sudah dicor,” ujarnya.

“Ini akan berimbas baik ke harga gabah maupun hasil pertanian lainnya, mudah-mudahan dengan jalan yang sudah bagus hasil pertanian pun akan lebih baik lagi,“ pungkasnya.(dan/ysp)

0 Komentar