Vaksin Meningitis Kosong, Calon Jamaah Umrah Terancam Bagal Berangkat

Vaksin Meningitis Kosong, Calon Jamaah Umrah Terancam Bagal Berangkat
0 Komentar

SUBANG-Kosongnya vaksin meningitis yang terjadi di beberapa daerah termasuk Kabupaten Subang, menjadikan masyarakat yang ingin berangkat umrah menjadi terhambat. Pasalnya, vaksin meningitis merupakan aturan wajib dari Kementrian Kesehatan dan Arab Saudi, jika ingin berangkat umrah dan ibadah haji.

Dinas Kesehatan mengimbau kepada KBIH atau travel haji, ketika masyarakat yang mau melakukan ibadah haji atau umroh harus divaksin meningitis. Jika tidak, bisa jadi pemberangkatan calon jamaah tertunda atau gagal berangkat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr Maxi mengatakan, mengenai vaksin meningitis di Kabupaten Subang, kekosongan sudah sejak sebulan yang lalu. Biasanya untuk pelaksanaan vaksin meningitis bisa dilakukan di Rumah Sakit PMC atau RSUD Ciereng.

“Kosongnya sudah sebulan yang lalu, sampai sekarang,” katanya.

Baca Juga:Pertahanakan Penghasil Padi Terbaik Se-IndonesiaPerkara Tanah Bengkok Naik Ke Penyidikan, Kejaksaan Negeri Subang Temukan Ini

Dokter Maxi mengatakan, mengenai kekosongan vaksin meningitis, tentunya berdampak terhadap para calon jamaah haji ataupun umrah, karena salah satu aturan untuk bisa berangkat adalah harus tervaksin meningitis dulu. “Kalau prediksi saya, banyak yang gagal atau tertunda pemberangkatannya, karena hal ini,” katanya.

Kekosongan vaksin meningitis yang didrop dari Kemenkes tersebut, akhirnya dari pihak Provinsi Jawa Barat memberikan solusi. Pendaftaran bisa dilakukan secara online, guna mendapatkan vaksinasi manginitis tersebut, di kantor kesehatan pelabuhan kelas II Bandung, di wilayah kerja Cirebon, Indramayu, Kertajati.

“Kuotanya 50 orang perhari diberbagai wilayah kerja. Biaya vaksinasinya sesuai PNPB yaitu Rp305.000. Para calon jamaah haji atau umrah yang ada di Kabupaten Subang bisa mempergunakan pelayanan itu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Haji Kemenag Subang H Rozak mengatakan, jumlah travel umroh yang ada di Subang ada Empat. Antara lain As-Shidiq Tour, Fitriadaman, Rizma Cahaya Utama, dan Cahaya Raudhah. Sementara KBIH ada sebanyak 13. “Itu yang resmi dan banyak memberangkatkan jamaah,” tandasnya.(ygo/vry)

0 Komentar