Catatan Harian Dahlan Iskan: Pajak Roket

Catatan Harian Dahlan Iskan: Pajak Roket (foto via Disway.id)
Catatan Harian Dahlan Iskan: Pajak Roket (foto via Disway.id)
0 Komentar

Jawaban Liz juga sederhana: dari utang, cari utangan. Bagi Inggris mencari pinjaman tidak sesulit Kliwon. Maka persoalan pun selesai.

Selesai?

Tidak.

Justru kacau balau.

Mendengar kata ”utang” itu pasar uang merespons dengan sangat negatif. Pound sterling, mata uang Inggris, merosot drastis. Terhadap dolar dan Euro dan lainnya.

Dampak ikutannya Anda sudah tahu: Bank Sentral Inggris harus menaikkan suku bunga sangat tinggi.

Geger.

Baca Juga:Asuransi Mobil, Rekomendasi Asuransi Terbaik Sepanjang 2022Aplikasi Password Wifi, Bisa Internetan Gratis Anti Gagal!

Maka rakyat yang baru saja dapat keringanan harga energi ditimpa oleh mahalnya cicilan rumah. Rakyat ibarat mendapat uceng tapi kehilangan deleg. Saya hafal pepatah itu. Saya tahu maksudnya: dapat kecil, kehilangan besar. Tapi saya tidak tahu apa sebenarnya arti uceng dan apa arti deleg.

Liz memang sempat membuat gebrakan yang menyenangkan rakyat di awal masa jabatannyi. Dia melakukan caping terhadap harga energi. Agar harga gas, listrik, dan bensin tidak liar. Semua itu akibat Putin menyerang Ukraina.

Sebelum perang, satu rumah tangga menghabiskan gas dan listrik sekitar 100 pound sebulan. Sekarang ini menghabiskan sekitar 170 pound. Itulah pengalaman teman Disway yang tinggal di London. Sudah lebih 15 tahun.

Kalau Liz tidak meng-cap harga energi pengeluaran itu bisa sampai 300 pound.

Dengan demikian, kata Liz, kalau harga gas melonjak di atas cap, pemerintah yang menanggungnya. Lewat subsidi energi. Lagi-lagi Inggris bisa berutang.

Tapi semua itu berantakan. Gara-gara kata ”utang” itu pasar uang tidak percaya pada pemerintahan Liz. Terutama kepada ”menko” perekonomiannya, Kwasi Kwarteng.

Kwartenglah yang mengumumkan kebijakan Liz, ”pajak rendah, tumbuh tinggi”. Kelihatannya Kwarteng inilah yang ngotot dengan konsep itu. Dasarnya sangat ilmiah. Ia pakai teori ekonomi trickle down effect. Ia memang doktor ekonomi. Lulusan universitas paling hebat di dunia: Oxford.

Baca Juga:Link Nonton Perfect Strangers Versi Indonesia, Vino G Bastian Rela Naik BB 15 KilogramLink Download Lagu MP3 Gratis, Tak Perlu Lagi Hambur Quota, Klik Di sini

Teori itu pula yang dilakukan Presiden Donald Trump. Dinilai berhasil di sana. Ekonomi Amerika bergairah saat itu. Utang Amerika bertambah. Tidak banyak rakyat yang protes. Pasar uang juga bisa menerimanya. Kurs dolar baik-baik saja.

Tapi tidak di Inggris. Mungkin karena peran pound sterling tidak sedominan dolar Amerika di pasar dunia.

0 Komentar