Saemaul Foundation dari Korea Akan Segera Tetapkan Desa Percontohan di Subang

Saemaul Foundation dari Korea Akan Segera Tetapkan Desa Percontohan di Subang
Pihak Saemaul Foundation saat bertemu dengan Asda 1 Setda Subang, Rahmat Effendi dan Kadis DPMD Subang Dadan Dwiyana.
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES, SUBANG-Saemaul Foundation akan segera menentukan Desa Percontohan Saemaul di Kabupaten Subang.  Desa Percontohan itu akan berjalan selama lima tahun dari 2023-2027 mendatang. Desa Percontohan yang akan dipilih oleh Saemaul Foundation ini merupakan desa yang kedua setelah Desa Percontohan Tanjungwangi.

Saemaul Foundation telah memiliki empat desa yang akan dipilih untuk Desa Percontohan. Antara lain Desa Balimbing di Kecamatan Pagaden Barat, Desa Kertajaya di Kecamatan Tambakdahan, Desa Gunungtua di Kecamatan Cijambe dan Desa Wantilan di Kecamatan Cipeundeuy.

Keempat desa tersebut merupakan desa terbaik yang dipilih Saemaul Foundation dalam program pengelolaan sampah dengan sistem 3R (Reduce, Reuse, Recycle) atau TPS3R.

Baca Juga:Bapopsi Pagaden Barat Gelar Turnamen Sepak Bola Antar SD, Diikuti Sebanyak 22 TimJabar Super Apps Dorong Transformasi Digital Pelayanan Publik

Di desa tersebut telah disiapkan bangunan hingga kendaraan operasional untuk pengelolaan sampah dengan sistem 3R. Dalam pelaksanaannya melibatkan masyarakat setempat.

Keempat desa tersebut telah dikunjungi langsung oleh Direktur Eksekutif Saemaul Foundation Jo Seong-hee, Asisten Manager/penanggungjawab program Saemaul di Indonesia Park Hyeon-seo dan Direktur Saemaul Foundation kantor Perwakilan Indonesia Hong Seung-hoon.

Mereka telah melihat langsung TPS3R dan sejumlah potensi yang ada di desa tersebut pada 16-17 Desember 2022. Sebelum mengunjungi desa, pihak Saemaul Foundation bertemu dengan Asda 1 Setda Subang Rahmat Effendi dan Kadis DPMD Subang Dadan Dwiyana di Rumdin Bupati.

Direktur Saemaul Foundation kantor Perwakilan Indonesia Hong Seung-hoon menyampaikan, selain mengunjungi empat desa tersebut, Saemaul Foundation melakukan penilaian sebagai dasar untuk penentuan Desa Percontohan Saemaul.

“Hasil penilaian itu akan dibawa ke Korea Selatan, nanti kita tunggu desa mana yang akan menjadi Desa Percontohan,” ujarnya.

Dia menyampaikan, program yang akan dilaksanakan Desa Percontohan menyesuaikan dengan segala potensi yang ada di desa tersebut. “Yang pasti apa potensi di desa, lalu kita nanti akan kembangkan dan berdayakan masyarakat setempat,” ujarnya.

Sementara itu, Asda 1 Setda Subang Rahmat Effendi mengapresiasi Saemaul Foundation yang akan kembali menjalankan program Desa Percontohan Saemaul.

0 Komentar