Program Gempungan, Upaya Ikhtiar Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Purwakarta

GEMPUNGAN: Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada agenda Gempungan di Buruan Urang Lembur, di Desa Situ Kecamatan Pondoksalam, Selasa 20 Desember 2022. MALDIANSYAH/PASUNDAN EKSPRES
GEMPUNGAN: Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada agenda Gempungan di Buruan Urang Lembur, di Desa Situ Kecamatan Pondoksalam, Selasa 20 Desember 2022. MALDIANSYAH/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

Setelah menghadiri kegiatan Gempungan, Bupati Purwakarta juga melaksanakan penanaman pohon di wilayah tersebut.

Sementara itu, didampingi Camat Pondoksalam dan Kepala Desa Cisitu, Bupati juga membagikan sembako Welas Asih di Bale Sauyunan Desa Cisitu Kecamatan Pondoksalam.

Bale sauyunan atau posbindu ini merupakan kolaborasi antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Kesehatan, Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, yang diperuntukkan khusus bagi lansia.

Baca Juga:Cara Baca MANHWA, Ini 4 Link Resmi dan Gratis Terbaru Jelang Tahun 2023, Tinggal Klik!Cara Kirim Saldo Dana ke Akun Dana Lain, Mudah Super Lengkap, Tinggal Klik

Selain pembagian sembako, dilakukan juga pengecekan kesehatan dan diberikan buku panduan kesehatan bagi lansia, sehingga dapat terpantau kesehatannya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta.

“Semoga dengan adanya bale sauyunan atau posbindu ini, dapat meringankan kebutuhan pangan dan terpantaunya kesehatan para lansia,” kata Ambu Anne.

Setelah itu, agenda dilanjutkan dengan pengukuhan Relawan Kebakaran (Red-Kar) dan Desa Tangguh Bencana (Destana) Kecamatan Pondoksalam, bertempat di Aula Desa Situ.

“Saat ini di Kabupaten Purwakarta telah dibentuk sebanyak 192 orang Redkar yang terdiri dari unsur masyarakat dari 183 desa dan 9 kelurahan. Diharapkan untuk ke depannya, jumlah dan kemampuan Redkar Kabupaten Purwakarta dapat terus ditingkatkan,” kata Ambu Anne.

Hingga saat ini di Kabupaten Purwakarta telah terbentuk dan dikukuhkan 14 kecamatan serta 1 desa yakni

  1. Kecamatan Bojong,
  2. Kecamatan Kiarapedes,
  3. Kecamatan Cibatu,
  4. Kecamatan Babakan Cikao,
  5. Kecamatan Jatiluhur,
  6. Kecamatan Plered,
  7. Kecamatan Tegalwaru,
  8. Kecamatan Bungursari,
  9. Kecamatan Campaka,
  10. Kecamatan Maniis,
  11. Kecamatan Sukatani dan Kecamatan Darangdan,
  12. Kecamatan Purwakarta,
  13. Kecamatan Pasawahan,
  14. Kecamatan Wanayasa,
  15. Desa Citalang Kecamatan Purwakarta

Lalu, pada hari ini dikukuhkan Destana untuk wilayah Kecamatan Pondoksalam.

Selanjutnya secara bertahap akan dikukuhkan juga pada kecamatan di seluruh Kabupaten Purwakarta, sehingga terbentuknya Desa Tangguh Bencana (Destana) di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:Sinopsis Film AVATAR 2, The Way of Water, Lengkap Harga Tiket di Bioskop Cinema 21 TSM Bandung2 Bocah Tenggelam ‘Ditelan’ Waduk Saguling, Niat Mandikan Domba Berakhir Petaka! Ini Kronologis Lengkapnya

“Semoga dengan dilaksanakannya pengukuhan ini, seluruh elemen masyarakat yang tergabung dalam Destana dan Redkar harus memiliki kemandirian untuk beradaptasi dan bersiap siaga menghadapi bencana serta memulihkan diri dari dampak bencana yang ada di wilayah masing-masing, serta dapat mempersiapkan diri untuk melakukan langkah-langkah antisipatif dalam mengurangi dampak bencana,” pungkasnya.(mas/sep)

 

0 Komentar