Aplikasi Reading Guide dalam Pembelajaran Geografi

Aplikasi Reading Guide dalam Pembelajaran Geografi
0 Komentar

oleh :

 Purwahyu Lisningdyah, S.Pd (Guru Geografi SMA Negeri 1 Baturetno,Wonogiri,Jateng)

Membaca merupakan langkah awal dari suatu kegiatan literasi, jika seseorang ingin meningkatakan kualitas dirinya. Kebiasaan membaca seseorang akan menyerap informasi terbaru, pengetahuan yang baru bahkan mungkin teori –teori yang baru dalam bidang keilmuan yang dikuasai seseorang atau berbagai hobi yang disukai.

SMA Negeri 1 Baturetno adalah sekolah yang  sudah mulai melaksanakan literasi yang sesuai dengan program Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan dijadwalkan setiap hari Selasa dan Kamis selama dua puluh menit di awal pelajaran, hal ini untuk menanamkan gemar membaca kepada siswa siswi kami, yang akhir akhir ini gemar membaca ini sudah mulai menurun, maksudnya membaca apa saja.

Baca Juga:Pentingnya Pendidikan Soft Skill Bagi GuruSKB Pemekaran Sudah Lengkap, 14 Februari DPRD Rapat Bamus

Program literasi ini tidak hanya meningkatkan kemampuan dan minat membaca saja, tetapi juga meningkatkan kemampuan pada aspek yang lainnya seperti kemampuan menulis, berhitung, berbicara dan bahkan memecahkan suatu masalah sesuai dengan yang di perlukan dalam kehidupan sehari- hari. Kegiatan literasi pada dasarnya mencakup kemampuan yang meliputi aspek verbal dan non verbal yang bisa diwujudkan dalam bentuk kemampuan bicra dan menulis serta kemampuan menyelaraskan bicaranya dengan gerakan tubuhnya.

Perkembangan teknologi komunikasi yang lebih banyak digunakan untuk tujuan non akademik bisa menurunkan minat baca mereka. Fenomena yang terjadi saat ini,  siswa mengandalkan HP mereka dengan cara browsing di google dengan harapan segala soal yang meraka cari pasti ada jawabannya.

Fenomena ini berkembang semenjak awal pandemic COVID-19 yang lalu dan dampaknya terhadap menurunnya minat baca siswa.  Fenomena yang terjadi di lingkungan kami di daerah pedesaan HP menjadi satu-satunya sarana yang di pakai untuk senjata sekolah, tapi tidak semua anak melakukannya, masih banyak dari mereka dengan bijak memakai HPsebagai sarana yang dipakai untuk menunjang mereka belajar.

Literasi yang dijalankan di SMAN 1 Baturetno ini banyak anak yang memakai aplikasi yang ada di HP mereka, tapi tidak sedikit juga yang setelah membaca hilang begitu saja apa yang mereka baca. Reading Guide (Panduan Membaca ) adalah strategi pembelajaran dengan menggunakan bacaan atau teks yang diberikan dan dipandu oleh guru untuk dicari kata-kata penting yang terdapat pada teks atau bacaan tersebut sesuai dengan topik pembelajaran.

0 Komentar