Aplikasi Reading Guide dalam Pembelajaran Geografi

Aplikasi Reading Guide dalam Pembelajaran Geografi
0 Komentar

Reading guide kaitanya dengan mata pelajaran geografi yang kami berikan kepada siswa dengan tujuan agar lebih memahami istilah- istilah yang ada dalam geografi. Untuk literasi mapel geografi tentu saja selalu di usahakan untuk selalu membaca materi- materi yang ada dan berusaha mengikuti perkembangan informasi yang terbaru. Dalam kaitannya ini geografi itu mempelajari fenomena alam yang sudah terjadi, baru terjadi, atau yang akan terjadi

Bahan atau materi yang mereka baca tidak harus dari buku paket geografi tetapi siswa bisa browsing di internet dengan website yang telah tersedia, sehingga diharapkan HP yang dimiliki siswa tidak sekedar buat alat komunikasi, media main game tapi juga bisa dijadikan sebagai buku yang berfungsi sebagai gudang dari segala informasi yang begitu lengkap. Sehingga siswa mampu memahami apa yang dipelajari dalam materi kali ini yaitu KD 6 yaitu tentang persebaran budaya. Membaca merupakan langkah awal dari suatu kegiatan literasi, jika seseorang ingin meningkatakan kualitas dirinya. Dengan membaca seseorang akan mengetahui informasi terbaru, pengetahuan  yang baru bahkan mungkin teori –teori yang baru dalam bidang keilmuan yang dikuasai seseorang atau berbagai hobi yang disukai..

Proses reading guide kami terapkan dengan langkah : siswa diminta membaca materi yang besuk akan  dibahas pada pertemuan selanjutnya. Satu conoh materi di KD 6 kelas XI tentang persebaran budaya, dalam materi ini perlu referensi yang cukup banyak tentang budaya yang harus di baca oleh siswa. Langkah- langkah yang kami lakukan:

Baca Juga:Pentingnya Pendidikan Soft Skill Bagi GuruSKB Pemekaran Sudah Lengkap, 14 Februari DPRD Rapat Bamus

Pertama, siswa diminta  membaca artikel – artikel atau jurnal – jurnal di website di internet tentang budaya di masing –masing wilayah di seluruh Indonesia.  Browsing internet dengan menggunakan HP yang dimiliki sehingga bisa dilakukan di rumah kapan mereka inginkan.  Kedua, pada saat pertemuan di kelas kami diskusikan materi yang telah di pelajari, dengan cara di bahas bersama-sama kelompok yang telah dibuat sebelumnya. Setelah selesai berdiskusi kami adakan test dengan bentuk  soal berupa TTS, dan ternyata dengan cara ini hasil belajar lebih baik dan anak menyukainya. Karena dengan cara ini bisa menghilangkan rasa bosan kepada siswa yan harus menghadapi soal yang berupa uraian atau pilihan ganda yang bisa mereka “ awur” jawabnya. Kalau berupa TTS siswa dipaksakan untuk mencari jawaban yang udah disediakan jumlah katanya. Hasil menunjukkan bahwa  lebih dari 50% siswa di kelas  XI ini memperoleh nilai di atas KKM, awalnya ada siswa yang sama sekali tidak punya jawaban yang benar. Penggunaan metode reading guide, ini  bisa meningkatkan pemahaman sekaligus nilai meskipun masih belum mencapai KKM.

Laman:

1 2
0 Komentar