Kolaborasi Gelar Hajat Pantun Mang Ayi, Upaya Bersama Lestarikan Seni dan Budaya

Kolaborasi Gelar Hajat Pantun Mang Ayi, Upaya Bersama Lestarikan Seni dan Budaya
0 Komentar

SUBANG-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan UPI Bandung, Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Kabupaten Subang, Pemkab dan Polres Subang menggelar Festival Seni dan Budaya, yang dikemas dalam “Hajat Pantun Mang Ayi”, serta Bazar UMKM, yang bertempat di Talaga Sunda, Minggu (26/2).

Dalam Festival tersebut digelar talkshow “Rajah Pantun Lembur Mang Ayi”, dan talkshow “Kewirausahaan Pemuda”, dengan tema “Muda Ngabudaya, Bangkit dan tumbuh bersama.

Dalam talkshow “Rajah Pantun Lembur Mang Ayi”, dihadirkan sejumlah narasumber dari Akademisi Bye Saprudin, Budayawan Wawan Renggo, dan Kabidang Kebudayaan Disidukbud Kabupaten Subang Ade Intra, serta Moderator Ardian Sumarwan dari UPI Bandung.

Baca Juga:Hujan Sejak Malam Hari, Desa Mulyasari Pamanukan Mulai Terendam Banjir LagiKopi Talk Diskusi Santai Bahas Beragam Hal Tentang Subang: Dari Kontribusi BRIN Hingga Persoalan Infrastruktur

Panitia Pelaksana Harry Gumbira mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi sejumlah kesenian, mulai dari Rajah Pantun Sunda, Toleat, Gembyung, Angklung, Gotong Sisingaan, dan Wayang Golek Polres Subang, serta sejumlah UMKM.

“Muda ngabudaya bangkit, tumbuh bersama, menjadi salah satu dasar dari terwujudnya kegiatan ini,” ujarnya.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk ngamumule, atau menjaga semua seni dan budaya yang ada, juga sekaligus membangkitkan ekonomi kreatif dengan para pelaku generasi muda.

“Jadi yang tampil di festival ini, para seniman muda, dan juga para pengusaha muda,” terangnya.

FKP mengajak seluruh elemen pemuda, dan juga pemerintah untuk bersama-sama, dalam membangun perekonomian melalui kesenian dan budaya, serta kewirausahaan pemuda, untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi covid-19, sekaligus dari ancaman krisis global 2023.

Harry juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh dinas intansi terkait, yang sudah mendukung kegiatan ini termasuk  Kapolres Subang AKBP Sumarni yang telah banyak mensuport.

Sementara itu acara tersebut dihadiri oleh sejumlah aktivis dari UPI Bandung, Kapolres Subang AKBP Sumarni diwakili oleh Kapolsek Subang Kompol Yayah Rokayah, Bupati Subang diwakili oleh Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Subang Ade Intra, dan Kabid Kepemudaan Disparpora Kabupaten Subang Irwan Hadi.(ysp)

0 Komentar