Peluang Besar Masuk POLSUB bagi Siswa Gap Year Jalur SNBT

Peluang Besar Masuk POLSUB bagi Siswa Gap Year Jalur SNBT
0 Komentar

SUBANG-Jalur masuk Politkenik Negeri Subang (POLSUB) melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) akan segera dibuka. Berdasarkan ketentuan dari panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bahwa SNBT bisa diikuti oleh siswa gap year, khususnya lulusan tahun 2021 dan 2022.

Tak tanggung-tanggung, POLSUB pun menyediakan kuota sebanyak 40% untuk jalur tersebut. SNBT yang akan digelar melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), merupakan program penerimaan mahasiswa baru dari Kemdikbudristek setelah Seleksi Nasional SNBP pada tahun 2023.

Berbeda dengan SNBP yang hanya diperuntukkan bagi siswa eligible lulusan 2023, SNBT bisa diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK/sederajat dengan ijazah tahun 2021 dan 2022 atau lulusan Paket C tahun 2021 dan 2022.

Baca Juga:Bocah Hanyut Terbawa Arus Arus Sungai di Subang: Satu Selamat, Satunya Lagi Ditemukan MeninggalPenghuni Apartemen di Karawang Ditemukan Tewas, Akhiri Hidup dengan Cara Loncat dari Lantai 23

“Adanya SNBT UTBK bisa dimanfaatkan oleh siswa gap year untuk kuliah di PTN, khususnya di POLSUB,” jelas Wiwik Endah Rahayu, Wakil Direktur I Bidang Akademik POLSUB.

Terlebih, POLSUB menyediakan kuota lebih besar untuk calon mahasiswa yang akan masuk melalui jalur SNBT-UTBK, yaitu sebesar 40%. Hal ini dikarenakan jatah SNBT selain untuk mahasiswa yang belum bisa ikut SNBP, juga diperuntukkan bagi siswa gap year.

“Berbeda dengan SNBP yang hanya menyediakan kuota 20%, untuk SNBT-UTBK Kemdikbudristek memberikan jatah sebesar 40% untuk POLSUB,” tambah Wiwik.

Bagi siswa gap year, ada yang perlu diperhatikan jika ingin mendaftar POLSUB melalui jalur SNBT yaitu, calon peserta SNBT tidak boleh merupakan peserta lolos (SNMPTN) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2022 atau 2021.

“Selain itu, umur maksimal peserta SNBT adalah 25 tahun per 1 Juli 2023,” ujar dosen Jurusan Agroindustri tersebut.

Untuk pelaksanan SNBT, proses pendaftarannya hampir sam dengan SNBP, yaitu harus memiliki akun SNPMB dan melanjutkan pendaftaran melalui laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.(ysp)

0 Komentar