Mengetahaui Kelebihan dan Kekurangan Tanaman Transgenik

Mengetahaui Kelebihan dan Kekurangan Tanaman Transgenik
0 Komentar

Mengetahaui Kelebihan dan Kekurangan Tanaman Transgenik

Teknik ini sebenarnya telah banyak diterapkan di negara-negara maju seperti Amerika Serikat. Transgenik sendiri berasal dari dua kata, yaitu trans dan gen. Trans memiliki arti pindah, sedangkan gen memiliki arti pembawa sifat.

Dalam arti lain adalah tanaman hasil modifikasi, rekayasa atau kloning. Tujuan dari pemindahan gen tersebut adalah untuk mendapatkan sebuah tanaman baru dengan bentuk dan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.

  • Kelebihan Tanaman Transgenik

Tahan Terhadap Kondisi Lingkungan: Pada jenis tanaman ini akan memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan dengan tanaman asli. Transgenik dapat bertahan hidup meskipun di tengah cuaca ekstrim. Rekayasa gen pada tanaman ini telah menghasilkan tanaman yang handal menghadai faktor alam yang berubah-ubah.

Baca Juga:Cara Mudah Download Video Instagram Tanpa Aplikasi Aman Tersimpan Digaleri, Klik Disini Untuk Mengetahuinya!Update Episode 9 Anime Eiyuuou Bu wo Kiwameru Tame Tenseisu, Klik Disini Untuk Menonton Episode Terbaru!

Tahan Terhadap Serangan Hama: tanaman akan menjadi lebih kuat dari serangan hama. Hal ini tentu memberikan keuntungan kepada para petani karena bisa mendapatkan hasil panen yang optimal.

Menghasilkan Zat Tertentu: transgenik juga bisa kalian gunakan untuk menghasilkan zat atau senyawa tertentu.

Hasil Panen Melimpah: petani akan mendapatkan keuntungan berupa hasil panen yang melimpah ruah. Hal ini karena pemindahan gen dapat meningkatkan kualitas tanaman sehingga menjadi lebih produktif lagi.

Berbagai Kekurangan Tanaman Transgenik

Musnahnya Tumbuhan Asli: jenis transgenik ini memiliki kualitas yang lebih unggul dalam hal kualitas dan hasil. Jika para petani sudah beralih ke transgenik, maka otomatis tumbuhan asli akan tinggalkan secara perlahan.

Bereisiko Gangguan Kesehatan: dampak negatif yang paling menyeramkan adalah dengan membudidayakannya tanaman transgenik yang menyebabkan risiko gangguan kesehatan. Seperti yang telah jelaskan dalam berbagai riset, bahwa gen marker yang ada dalam tanaman bisa berpindah ke organisme yang lain, seperti virus dan bakteri.

Transfer Gen Horizontal: Hal ini menimbulkan resiko pemindahan gen pada bakteri pada saluran pencernaan manusia maupun hewan yang memakan tanaman ini, Dalam proses pembuatan tanaman transgenik, umumnya menggunakan selectable marker.

Sampai jumpa dan semoga hari kalian menyenangkan
(kas)

0 Komentar