7 Contoh Ibadah Ghairu Mahdhah, yang Bisa Dilakukan Sehari-hari untuk Meningkatkan Kualitas Iman

7 Contoh Ibadah Ghairu Mahdhah, yang Bisa Dilakukan Sehari-hari untuk Meningkatkan Kualitas Iman (via Unsplash-Canim Studio)
7 Contoh Ibadah Ghairu Mahdhah, yang Bisa Dilakukan Sehari-hari untuk Meningkatkan Kualitas Iman (via Unsplash-Canim Studio)
0 Komentar

Khutbah Jumat Singkat Terbaru Desember 2022, ‘Sia-Sia Shalatmu Kalau Durhaka ke Orang Tua’, Menyentuh Hati!

Berikut adalah perbedaan antara ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah

  1. Ibadah Mahdhah Ibadah mahdhah adalah ibadah yang telah ditentukan jenis, waktu, jumlah, serta rukun-rukun dan syarat-syaratnya secara detail oleh syariat Islam.Ibadah mahdhah memiliki tata cara dan ketentuan yang jelas, serta telah ditetapkan oleh Allah SWT melalui Al-Quran dan hadits Rasulullah SAW.Beberapa contoh ibadah mahdhah antara lain shalat, puasa, zakat, dan haji.
  2. Ibadah Ghairu Mahdhah Ibadah ghairu mahdhah adalah segala jenis ibadah selain shalat, puasa, zakat, dan haji. Ibadah ini tidak memiliki tata cara dan ketentuan yang jelas, sehingga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Beberapa contoh ibadah ghairu mahdhah antara lain dzikir, membaca Al-Quran, shalat sunnah, sedekah, berdoa, berbakti kepada orang tua, dan berbakti kepada sesama.

Dalam Islam, ibadah mahdhah memiliki prioritas yang lebih tinggi dibandingkan ibadah ghairu mahdhah.

Hal ini dikarenakan ibadah mahdhah merupakan ibadah yang telah ditentukan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW sebagai kewajiban bagi umat Muslim.

Baca Juga:5 Aplikasi Penghasil Uang Resmi dari Pemerintah: Peluang Emas untuk Meraih Pendapatan Tambahan5 Peluang Ide Bisnis Sampingan yang Menguntungkan di Bulan Puasa, Wajib Coba Auto jadi Pengusaha

Sementara itu, ibadah ghairu mahdhah merupakan ibadah yang sangat dianjurkan, namun tidak diwajibkan.

Namun, baik ibadah mahdhah maupun ibadah ghairu mahdhah sama-sama penting dalam meningkatkan keimanan dan kecintaan kepada Allah SWT.

0 Komentar