Apakah Kuliah Setiap Hari? Simak Perbedaan Masa Sekolah dan Kuliah

Apakah Kuliah Setiap Hari? Simak Perbedaan Masa Sekolah dan Kuliah
Apakah Kuliah Setiap Hari? Simak Perbedaan Masa Sekolah dan Kuliah ?(dok.pexels.com/Helena Lopes)
0 Komentar

4. Penyebutan Mata Pelajaran

Di sekolah, kamu mengenal istilah mata pelajaran, berbeda dengan kuliah kamu akan menyebut mata pelajaran sebagai mata kuliah. Tak hanya berbeda di istilahnya saja, mata pelajaran dan mata kuliah itu memang berbeda ya.

Kalau mata pelajaran di sekolah tiap tahun akan sama, misalnya kelas 10 kamu dapat mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa inggris, dan Matematika, nah di kelas 11 kamu juga akan mendapat mata pelajaran tersebut namun dengan topik bahasan yang berbeda. Sedangkan mata kuliah hanya diambil satu kali saja dan harus kamu diselesaikan selama satu semester. Jadi, mata kuliah semester ini dengan semester berikutnya akan selalu berbeda.

Mata kuliah sendiri akan dibedakan menjadi dua, yaitu mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Mata kuliah wajib ini harus kamu ambil dalam satu semester sebagai syarat terselesaikannya kuliah, sedangkan mata kuliah pilihan biasanya diambil sesuai dengan peminatan kamu. Di mata kuliah ini kamu juga akan mengenal istilah SKS atau Satuan Kredit Semester. Dengan SKS, kamu berhak menentukan mata kuliah apa saja yang mau kamu ambil di setiap semester.

(nym)

0 Komentar