Struktur dan Cara Membuat Judul Paper Tugas Kuliah, Pahami Yuk

Struktur dan Cara Membuat Judul Paper Tugas Kuliah, Pahami Yuk
Struktur dan Cara Membuat Judul Paper Tugas Kuliah, Pahami Yuk (dok.pexels.com/pexels.com)
0 Komentar

Struktur Paper

1. Judul

Judul sendiri dibuat untuk merepresentasikan isi dari paper yang ditulis. Umumnya dibuat secara singkat tapi memuat maksud dan juga tujuan. Saat pembaca membaca judul paper, maka mereka akan langsung bisa menangkap arah serta tujuan dari pembuatan paper tersebut. Judul paper yang baik akan memuat tujuan dan metode yang dipakai yang mewakili keseluruhan isi paper.

2. Pendahuluan

Di bagian pendahuluan ini akan berisi latar belakang topik yang akan dibahas. Latar belakang topik ini berisi mengenai alasan memilih ide atau gagasan, seberapa penting ide tersebut untuk dibahas, tujuan membahas hal itu, studi literatur singkat mengenai ide tersebut, dan kebaruan ide yang akan dibahas.

Pada beberapa format paper untuk kompetisi akan diletakkan di dalam bab tersendiri. Akan tetapi, biasanya untuk paper tugas kuliah studi literatur akan diletakkan di bagian pendahuluan. Studi literatur ini berisi mengenai kajian pendukung yang berkaitan dengan topik yang dibahas dan juga gagasan yang akan disampaikan di dalam paper.

Baca Juga:Link Nonton Film Ghosted (2023) Kualitas HD, Klik Disni!Resep Cakwe Ala Tukang Dagang Kaki Lima, Dijamin Ngembang

3. Isi atau Pembahasan

Pada bagian ini, gagasan akan disampaikan secara detail. Hal ini merupakan nyawa dari sebuah paper. Dimana gagasan tersebut akan diuraikan berdasarkan landasan teori yang mendukung. Landasan teori tersebut dapat diperoleh dari pernyataan para ahli yang merupakan hasil dari penelitian mereka sebelumnya. Di dalam paper yang merupakan hasil penelitian, pada bagian isi juga akan disajikan data-data hasil penelitian dan juga teori yang mendukung data tersebut.

4. Penutup

Di bagian ini, akan dijelaskan kesimpulan dari hasil analisis atau penelitian yang sudah dijelaskan di pembahasan. Kesimpulan adalah intisari dari hasil analisis ataupun penelitian yang menjelaskan kepada para pembaca tentang hasil yang sudah diperoleh oleh penulis. Selain kesimpulan, saran juga bisa disampaikan di bagian penutup. Dimana saran tersebut berisi mengenai masukan untuk pembaca dalam mengembangkan hasil analisis ataupun penelitian yang dilakukan oleh penulis.

5. Daftar Pustaka

Kumpulan pustaka yang dipakai dalam menulis paper perlu dicantumkan di bagian daftar pustaka. Hal tersebut bertujuan untuk menunjukkan bahwa paper yang kita buat valid dan bisa dipercaya. Pustaka yang digunakan dapat berasal dari jurnal, buku, artikel ilmiah, dan berbagai sumber lain yang terpercaya. Umumnya, paper yang baik akan menggunakan pustaka dengan rentang 10 tahun terakhir.

0 Komentar