Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka, Panduan Lengkap untuk Mengutip Sumber dengan Benar

Tata cara penulisan daftar pustaka, via Unsplash-Annie Spratt
Tata cara penulisan daftar pustaka, via Unsplash-Annie Spratt
0 Komentar

Judul sumber:

Tuliskan judul sumber dengan gaya penulisan yang sesuai (tercetak miring atau diapit tanda kutip).

Informasi penerbitan:

Sertakan nama penerbit, tahun terbit, dan tempat terbit.

Informasi elektronik:

Jika sumber yang dikutip berasal dari sumber elektronik, tambahkan URL atau DOI (Digital Object Identifier) jika tersedia.

Gaya Penulisan untuk Jenis Sumber yang Berbeda:

Buku:

Tuliskan nama penulis, judul buku (tercetak miring atau diapit tanda kutip), nama penerbit, tahun terbit, dan tempat terbit.

Artikel jurnal:

Baca Juga:Hotel Terdekat di Sukabumi Kota dengan Nuansa Alam Sejuk, Cek Harga di SiniCara Membuka Password Excell (Excel) dengan Mudah, Ampuh Akses Data yang Terproteksi

Tuliskan nama penulis, judul artikel (tanpa tanda kutip), judul jurnal (tercetak miring), volume jurnal, nomor jurnal (jika ada), halaman awal dan akhir artikel, dan tahun publikasi.

Artikel di buku:

Tuliskan nama penulis artikel, judul artikel (tanpa tanda kutip), judul buku (tercetak miring atau diapit tanda kutip), nama editor (jika ada), nama penerbit, tahun terbit, dan halaman awal dan akhir artikel.

Sumber elektronik:

Tuliskan nama penulis (jika ada), judul artikel atau halaman web (tanpa tanda kutip), judul sumber elektronik (tercetak miring atau diapit tanda kutip), URL, dan tanggal akses (untuk sumber web).

Konsistensi dan Keakuratan:

Pastikan konsistensi dalam gaya penulisan dan format yang digunakan dalam daftar pustaka.

Periksa kembali setiap rujukan untuk memastikan keakuratan informasi yang diberikan, seperti nama penulis, judul, dan tahun terbit.

Contoh Daftar Pustaka:

Berikut adalah contoh format penulisan daftar pustaka dalam gaya APA:

Buku:
Smith, J. D. (2018). The Art of Writing. Publisher.

Artikel jurnal:
Johnson, A. B., & Lee, C. D. (2020). Effective Strategies for Research Writing. Journal of Academic Studies, 15(2), 123-145.

Baca Juga:Profil Novia Kolopaking, Artis Hits Tahun 90-an yang Setia Dampingi SuamiSIMPEL! Cara Membuka Hp yang Terkunci dengan Nomor Darurat dengan Cepat

Artikel di buku:
Anderson, K. L. (2017). Writing Tips for Scholars. In S. Brown (Ed.), The Writer’s Handbook (pp. 45-67). Publishing House.

Sumber elektronik:
Williams, R. (2019). The Importance of Citation. Retrieved from https://www.example.com/citation-importance (Diakses pada 5 September 2021).

Dengan mengikuti tata cara penulisan daftar pustaka yang benar, Anda akan memberikan rujukan yang lengkap dan akurat untuk sumber yang digunakan dalam karya tulis Anda.

0 Komentar