Aspartam, Pemanis Buatan yang Mungkin Penyebab Kanker? Cek Fakta Hasil Penelitian!

Aspartam, Pemanis Buatan yang Mungkin Penyebab Kanker? Cek Fakta Hasil Penelitian!
Aspartam, Pemanis Buatan yang Mungkin Penyebab Kanker? Cek Fakta Hasil Penelitian!
0 Komentar

Studi lain pada tahun 2020 pada tikus dan mencit menguji ulang penelitian dari Ramazzini Institute di Italia dan menemukan bahwa asparrtam menyebabkan leukemia dan limfoma pada hewan tersebut. Namun, ilmuwan menunjukkan bahwa manusia bukanlah tikus atau mencit, dan sebagian besar penelitian hewan tentang aspartam yang dilakukan oleh National Toxicology Program tidak menunjukkan adanya hubungan kanker.

Pada konferensi pers hari Rabu (12/07), Schubauer-Berigan mendorong para ilmuwan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan lebih baik tentang topik ini.

“Meskipun penemuan positif yang konsisten dalam tiga penelitian ini, kelompok kerja menyimpulkan bahwa kemungkinan adanya kebetulan dan pengaruh yang membingungkan tidak dapat dihilangkan dengan cukup kompeten, dan oleh karena itu mereka menyimpulkan bahwa bukti tersebut terbatas,” katanya. “Kelompok kerja juga menyimpulkan bahwa terdapat bukti terbatas untuk kanker pada hewan percobaan, berdasarkan serangkaian penelitian pada tikus dan mencit. Terdapat pula bukti mekanistik terbatas bahwa aspartam menunjukkan karakteristik utama karsinogen.”

Baca Juga:Daftar Game Mod Terbaik Sepanjang Masa 2023 INI! jangan Sampai Gak Pernah Nyoba!Download Game Sigma Gratis Hanya di SINI! Rasakan Sensasi Gaming yang Luar Biasa!

Dr. Francesco Branca, direktur Departemen Gizi dan Keamanan Pangan WHO, yang juga merupakan anggota kelompok yang melakukan penilaian risiko terhadap aspartam, mengatakan bahwa komite mereka mencapai kesimpulan yang serupa.

“Kesimpulan utama dari panel ini adalah bahwa tidak ada bukti yang meyakinkan dari data eksperimental maupun manusia yang menunjukkan adanya efek buruk aspartam setelah dikonsumsi dalam batas yang ditetapkan oleh komite sebelumnya, yaitu batas konsumsi harian yang dapat diterima sebesar 40 miligram per kilogram berat badan. Jadi pada dasarnya, komite memperkuat tingkat batas konsumsi harian yang dapat diterima, yaitu antara nol hingga 40 miligram per kilogram berat badan,” katanya.

Studi-studi tersebut memberikan hasil yang saling bertentangan, katanya, dan tidak ada bukti toksik umum yang dapat ditunjukkan.

“Juga tidak mungkin mendapatkan bukti yang konsisten atau meyakinkan dari studi pada hewan,” kata Branca.

Komite menganalisis 12 penelitian hewan, dan mayoritas memberikan hasil negatif. Mereka yang menemukan hubungan atau penyebab kanker memiliki batasan dalam desain penelitian dan kualitas interpretasi data. Studi epidemiologi pada manusia menunjukkan beberapa efek kanker, termasuk pada hati, payudara, dan limfoma, serta beberapa efek pada diabetes tipe 2, tetapi studi-studi tersebut bersifat observasional, artinya tidak ada bukti tentang hubungan sebab-akibat.

0 Komentar