Hindari Risiko Saat Mencuci Motor Listrik: Jaga Bagian Ini!

Harga dan Spesifikasi Sepeda Motor Listrik Honda U-GO
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Mencuci motor secara rutin adalah ritual wajib untuk menjaga tampilan kendaraan, termasuk motor listrik. Agar motor tetap bersih dan terawat dengan baik, pengguna perlu mengikuti metode pencucian yang tepat.

Secara umum, motor listrik dianggap aman dari cuaca buruk, bahkan ketika terkena hujan atau banjir.

Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa komponen yang rentan terhadap air, sehingga perlu berhati-hati saat mencuci motor ini. Beberapa komponen sebaiknya dihindari agar perangkat listriknya tidak rusak akibat air.

Baca Juga:Pentingnya Perawatan Rutin untuk Motor Listrik, Simak Komponen yang Harus Diservis!Perumda Tirta Rangga Subang Lakukan Perbaikan Pompa Transisi

Salah satu bagian yang harus diwaspadai saat mencuci motor listrik adalah bagian dinamo. Awan Setiawan, Kepala Divisi E-Motor PT Terang Dunia Internusa (United E-Motor), mengingatkan pentingnya menjaga agar air tidak masuk ke bagian dinamo.

Untuk itu, konsumen motor listrik disarankan untuk mengingatkan jasa cuci motor agar tidak menyemprotkan air langsung ke bagian dinamo.

“Lebih baik mencuci sendiri, karena motor listrik rentan terkena air bertekanan tinggi,” ujar Awan.

Meskipun begitu, motor listrik tetap aman digunakan saat terpaksa menerjang banjir, mirip dengan motor konvensional.

“Motor listrik pernah diuji dalam banjir, dan masih aman. Jika motor konvensional perlu hati-hati ketika setengah ban tertimpa air, maka motor listrik juga kurang lebih sama,” tambah Awan.

Namun, berdasarkan pantauan PASUNDAN EKSPRES, dinamo motor listrik seringkali terletak di area yang rendah, bahkan sebagian besar berada di tengah-tengah roda, karena hanya ada dua jenis penggerak motor listrik, yaitu hub-drive dan mid-drive.

Hub-drive merupakan jenis penggerak motor listrik yang terletak di bagian poros pelek roda belakang, sementara mid-drive berarti penggerak motor listrik berada di bagian tengah.

Baca Juga:Ledakan Terjadi saat Kereta Api Menabrak Truk Trailer di Perlintasan Madukoro, Api Telah DipadamkanKereta Api Brantas Jakarta-Blitar Menabrak Truk Trailer di Semarang, Api Berkobar

Adyta, Pemilik Bengkel Spesialis Motor Listrik EV Centrum, menjelaskan, “Bisa diketahui melalui bagian poros roda belakang motor listrik. Jika porosnya tampak tebal dan besar, itu berarti motor menggunakan penggerak Hub-drive.”

Dia juga menambahkan bahwa penggerak mid-drive lebih unggul dalam berbagai aspek, termasuk daya tahan, tenaga, dan performa.

Penggerak Hub-drive tergolong lebih rawan rusak karena komponen pentingnya berada di ban belakang dan terpapar langsung.

0 Komentar