SDN Cibitung Ciater Tingkatkan Kedisiplinan Siswa Lewat Ekstrakurikuler Paskibra

SDN Cibitung Ciater Tingkatkan Kedisiplinan Siswa Lewat Ekstrakurikuler Paskibra
0 Komentar

SUBANG-SDN Cibitung 1, Kecamatan Ciater berupaya meningkatkan kedisiplinan siswa melalui ekstrakurikuler paskibra. Dimulai sejak tahun 2017, paskibra menjadi salah satu ekskul unggulan di SDN Cibitung 1.

Pembentukan ekstrakurikuler paskibra berawal dari perlombaan yang digelar di SMPN 1 Ciater tingkat kecamatan dan meraih juara 1. Sejak saat itu ekstrakurikuler paskibra terus dikembangkan yang dibarengi antusiasme para murid yang cukup tinggi.

“Di SDN Cibitung 1 sendiri memiliki beberapa ekstrakurikuler selain ekstrakurikuler wajib pramuka juga ada eskul paskibra, seni degung dan olahraga. Namun yang menjadi unggulan disini yaitu paskibra,” ungkap Pembina paskibra dan pramuka, Kusmana S.Pd kepada Pasundan Ekspres.

Baca Juga:Kejaksaan dan Disdikbud Subang Kolaborasi Program Bina Adhyaksa di SMPN 1 SubangSMPN 1 Ciater Matangkan Persiapan Hadapi ANBK

Ekstrakurikuler paskibra menjadi salah satu ekstrakurikuler unggulan dikarenakan melihat dari antusias murid yang terbilang cukup tinggi mulai dari tingkat bawah hingga tingkat atas. Selain itu ekstrakurikuler paskibra juga telah menorehkan beberapa prestasi di berbagai tingkat.

“Ekstrakurikuler paskibra telah 3 kali mewakili kecamatan Ciater, terakhir kita Juara harapan 3 utama di tingkat kabupaten, kita juga pernah Juara mula 1 tingkat Jawa Barat sekaligus pembina terbaik se-Jawa Barat,” ujarnya.

Untuk ekstrakurikuler paskibra sendiri saat ini sudah lebih dari 20 peserta siswa maupun siswi yang terdaftar. Dalam pelaksanaannya ekstrakurikuler dilaksanakan sehabis jam pembelajaran pada hari Selasa dan Jumat.

Menurut Kusmana, ekstrakurikuler paskibra diadakan untuk melatih kedisiplinan dan keberanian para murid SDN Cibitung 1.

“Ke depannya dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan ekstrakurikuler panahan, karena di sini sangat berpotensi, guru atau pelatihnya pun sekarang sudah ada,” ujarnya.

Dia berharap ekstrakurikuler di SDN Cibitung 1 lebih maju lagi, prestasi yang meningkat juga lebih disiplin lagi dan dengan adanya ekstrakurikuler paskibra anak-anak jadi lebih disiplin, berani dan berguna nusa bangsa dan agama terutama ketua orang tua.(acp/ysp)

0 Komentar