Fakultas Agrobisnis dan Rekayasa Pertanian Unsub Berdayakan Kelompok Tani di Subang Kelola Sampah Jadi Pupuk Organik Cair

Fakultas Agrobisnis dan Rekayasa Pertanian Unsub Berdayakan Kelompok Tani di Subang Kelola Sampah Jadi Pupuk Organik Cair
Serah terima paket pembuatan POC sistem ember tumpuk kepada kelompok wanita tani Compreng.
0 Komentar

SUBANG-Tim Dosen dan mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Agrobisnis dan Rekayasa Pertanian Universitas Subang telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan tersebut dalam upaya memanfaatkan limbah organik rumah tangga menjadi pupuk organik cair (POC) menggunakan sistem ember tumpuk kepada kelompok wanita tani (KWT) Indah Desa Jatireja Kecamatan Compreng Kabupaten Subang.

Kegiatan Pengabdian ini didanai oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTM) dalam program hibah pengabdian berbasis masyarakat tahun 2023.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini meliputi Focus Group Discussion, Pelatihan pembuatan POC, Simulasi pembuatan POC menggunakan sistem ember tumpuk, simulasi pengaplikasian POC ke tanaman serta monitoring. Materi kegiatan disampaikan oleh Lusiana, SP., MP, (Unsub), Nine Wahyuni M., SP., MP. (Unsub), Wiwi Cahyati, SP., MP. (Korluh BPP Compreng), dan Ika Cartika, SP., MP. (BRIN TTG Subang).

Baca Juga:Belajar Membatik di Bumi Talaga Sundayana, Ajang Kenalkan Batik Khas Subang Hingga MancanegaraCegah Penyakit Demensia, POLSUB Latih Lansia Menulis Cerpen dan Relaksasi Pernapasan

Indikator capaian peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dalam kegiatan pengabdian ini berupa pre test dan post test yang diisi oleh peserta pelatihan.

Penanggung jawab kegiatan pengabdian Hamdan Drian Adiwijaya, S.Hut., MP mengatakan, pemanfaatan limbah organik rumah tangga menjadi pupuk organik cair bisa menjadi salah satu alternatif penanggulangan limbah yang sampai saat ini masih menjadi permasalahan di daerah.

Dia menyampaikan, bahwa kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan keterampilan kelompok sasaran dalam memanfaatkan limbah organik rumah tangga menjadi produk yang bermanfaat seperti pupuk organik cair yang kemudian bisa dimanfaatkan guna mendukung pertanian berbasis ramah lingkungan.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh mitra sasaran (KWT Indah) yang diwakili oleh Ani selaku bendahara kelompok kepada Universitas Subang dan DRTPM yang telah menginisiasi kegiatan pengabdian pembuatan pupuk organik cair.

“Semoga kegiatan pengabdian ini bisa memotivasi ibu-ibu lainnya dalam memanfaatkan limbah rumah tangga yang semula dibuang menjadi produk yang lebih bermanfaat imbuhnya,” jelasnya.(rls)

0 Komentar