BMKG Terbitkan Peringatan Dini Hujan Lebat Picu Bencana di Sumatra Barat

BMKG Terbitkan Peringatan Dini Hujan Lebat Picu Bencana di Sumatra Barat
BMKG Terbitkan Peringatan Dini Hujan Lebat Picu Bencana di Sumatra Barat
0 Komentar

Berdasarkan analisis BMKG, hingga tanggal 13 Mei 2024 hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih mungkin terjadi.

Pada tanggal 14 Mei diperkirakan intensitas hujan menurun menjadi ringan, namun pada tanggal 15-17 Mei 2024 diprediksi curah hujan akan meningkat lagi hingga tanggal 22 Mei 2024.

 

 

  • Imbauan untuk Masyarakat

Dwikorita menegaskan bahwa kewaspadaan terhadap terjadinya banjir lahar hujan, banjir bandang, dan longsor masih perlu dijaga setidaknya hingga tanggal 17-22 Mei atau sepekan ke depan.

Baca Juga:Uang Koin Aneh di Dunia yang Tidak Pernah Anda Bayangkan AdaBugar dan Sehat di Rumah dengan Gerakan Kardio Sederhana

Masyarakat dihimbau untuk menjauhi lereng-lereng bukit atau gunung yang rawan longsor.

Selain itu, BMKG juga mengimbau masyarakat untuk terus memantau informasi dari BMKG, memperhatikan prakiraan cuaca, dan peringatan dini yang dikeluarkan setiap hari beberapa kali.

 

 

  • Rekomendasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC)

Dwikorita merekomendasikan penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di wilayah Sumbar.

Menurutnya, TMC dengan cara menabur zat NaCl atau garam ke langit menggunakan pesawat merupakan salah satu cara efektif untuk mengendalikan potensi cuaca ekstrem.

 

Dengan adanya peringatan dini dan langkah-langkah mitigasi yang diambil, diharapkan risiko bencana di Sumatra Barat dapat diminimalkan, sehingga masyarakat dapat lebih waspada dan siap menghadapi cuaca ekstrem.

 

Untuk info lengkapnya bisa kalian simak di situs resmi BMKG

0 Komentar