1000 Peta Citra Desa : Geografi UMS Bersedekah

opini
opini
0 Komentar

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan yang didesign untuk memproduksi kegiatan pengabdian pada masyarakat sehingga kehadiran Perguruan Tinggi menjadi harapan masyarakat karena memberikan solusi terhadap problem riil yang dirasakan oleh masyarakat, maka munculah program 1000 peta citra desa.

1000 Peta Desa adalah sebuah program yang berasal dari gagasan pribadi (penulis) yang akhirnya didaulat oleh Fakultas Geografi UMS menjadi salah satu program unggulan dalam rangka menunjang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama bidang pengabdian kepada masyarakat. Tahun ini adalah tahun ke V program berjalan. Alhamdulillah walaupun pelan namun program berjalan berkelanjutan, sejak diluncurkan hingga kini belum pernah stagnant. Hingga tahun ke V tercatat sudah ada sekitar 79 desa di wilayah Jateng dan sebagian Jatim yang sudah mendapat hibah peta desa dari program ini, dengan total beaya sekitar 79 x Rp. 2.500.000,- = Rp. 197.500.000,- semua dibeayai murni dari mahasiswa.

Mencermati apresiasi dan keterterimaan pihak desa atas hibah peta dalam program ini, maka diharapkan program ini menjadi program berkelanjutan hingga makin banyak desa-desa terbantu memiliki dokumen penting desa dalam bentuk peta citra desa yang menggambaran gambaran riil wajah desa dari atas (rekaman citra satelit dan pemotretan drone). 1000 desa tentu 1000 pula cerita. Rasanya tak akan habis bercerita mengenai cerita-cerita mereka para perangkat dan para kepala desa menanggapi dan menerima hibah peta citra desa yang sudah lama mereka damba tanpa harus mengeluarkan dana serupiah pun juga.

Baca Juga:Ketua Ikatan Pedagang Pasar Baru Karawang Dukung Bupati Tolak Sistem BOTHarga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Karawang Masih Stabil 

Program 1000 Peta Desa dalam bidang pendidikan yakni mengajarkan mahasiswa bagaimana cara melakukan management dalam produksi peta digital sesuai dengan standar atau kaidah pemetaan. Jenis peta yang diproduksi dalam program ini adalah satu peta citra desa (dengan mengacu pada kaidah BIG/Badan Informasi Geospasal) dan satu peta tematik sesuai kebutuhan masng-masing desa.

Desa di Jateng  dan Jatim yang sudah mendapat sentuhan program pengabdian pada masyarakat dapat kami sajikan profilnya :

Desa Ngunut. Tersebutlah sebuah desa di wilayah Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Sebuah desa yang berada di lereng bawah kaki vulkan Lawu dengan relief agak kasar dengan topografi berombak ini merupakan salah satu dari 11 buah desa yang masuk dalam daftar desa terpilih program 1000 peta desa. Desa ini adalah desa pertama periode tahun pertama yang menerima hibah peta, dengan produk yang masih sederhana. Namun demikian laksana cinta…Ngunut adalah cinta pertama dalam kisah romantikan 1000 Peta Desa. Selalu teringat, sulit dilupakan dan tentu saja menyimpan banyak kenangan.

0 Komentar