Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid Penting bagi Umat Islam

Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid Penting bagi Umat Islam
Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid Penting bagi Umat Islam
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Masjid adalah tempat ibadah yang sangat dimuliakan oleh umat Islam. Setiap langkah menuju dan dari masjid memiliki nilai kebaikan dan pahala tersendiri.

 Salah satu bentuk penghormatan terhadap kesucian masjid adalah dengan membaca doa ketika masuk dan keluar dari masjid.

Artikel ini akan membahas bacaan doa masuk dan keluar masjid lengkap dengan artinya, serta keistimewaan yang terkait dengan masjid dalam ajaran Islam.

 

Baca Juga:3 Aplikasi Ceramah Dengan Fitur yang Lengkap dan Konten yang BeragamPecinta Kopi Harus Mengetahui Tanda-tanda Ini

Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid Penting bagi Umat Islam

 

  • Doa Masuk Masjid

Membaca doa sebelum memasuki masjid adalah anjuran penting bagi umat Islam.

Berikut adalah dua versi doa masuk masjid: versi panjang dan versi pendek.

 

Doa Masuk Masjid Versi Panjang

Dalam versi panjang, doa masuk masjid adalah sebagai berikut:

Arab:

أعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

Latin:

A’ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba rahmatik.

Artinya:

“Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Ya Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Ya Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakanlah bagiku segala pintu kemurahan-Mu.”

 

Doa Masuk Masjid Versi Pendek

Versi pendek dari doa masuk masjid adalah:

Arab:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لي أبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Latin:

Allahummaftha lii abwaaba rahmatik

Artinya:

“Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.” (HR. Muslim).

 

 

Baca Juga:Resep Takoyaki Lezat dan Mudah dengan Bahan Lokal SupermarketDoa Sesudah Sholat Dhuha Menjemput Kebahagiaan dan Kelancaran Rezeki

  • Doa Keluar Masjid

Setelah menunaikan ibadah di masjid, disunnahkan untuk membaca doa saat keluar dari masjid. Berikut adalah dua versi doa keluar masjid: versi panjang dan versi pendek.

Doa Keluar Masjid Versi Panjang
0 Komentar