Menggali Makna dan Hikmah dari Kurban di Hari Raya Idul Adha

Menggali Makna dan Hikmah dari Kurban di Hari Raya Idul Adha
Menggali Makna dan Hikmah dari Kurban di Hari Raya Idul Adha
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Hari raya Idul Adha merupakan salah satu momen penting dalam kalender Islam, selain Idul Fitri.

Pada hari yang penuh berkah ini, umat Islam di seluruh dunia merayakan dengan melaksanakan ibadah kurban sebagai simbol ketaatan dan pengorbanan kepada Allah SWT.

Salah satu kisah yang melatarbelakangi tradisi ini adalah kisah Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail, yang menjadi contoh keteladanan dalam hal ketaatan kepada perintah Allah.

Baca Juga:Renungan Idul Adha Meneladani Nabi Ibrahim Inspirasi TeladanRekomendasi Game Mirip Harvest Moon untuk Smartphone

Namun, di kalangan masyarakat, sering muncul pertanyaan tentang keyakinan bahwa hewan kurban akan menjadi kendaraan bagi orang yang berkurban di akhirat kelak.

 

Menggali Makna dan Hikmah dari Kurban di Hari Raya Idul Adha

Riwayat dan Pandangan Ulama

Ada beberapa riwayat yang menyebutkan bahwa hewan kurban akan menjadi kendaraan bagi yang berkurban di hari kiamat.

Salah satu riwayat yang sering dikutip adalah dari Nabi Sulaiman yang mengatakan, “Gemukkanlah dan baguskanlah hewan sembelihan kalian, karena hewan-hewan kurban itu akan menjadi kendaraan kalian melewati shirat (jembatan di akhirat).”

Namun, riwayat ini dan beberapa yang serupa dinilai sangat lemah atau bahkan tidak memiliki asal yang sahih oleh para ahli hadits.

 

Para ulama hadits seperti Imam Ibnu Hajar al-Asqalani, al-Munawi, dan ulama lainnya menilai bahwa hadits-hadits tersebut memiliki sanad yang sangat lemah atau bahkan palsu.

Mereka menekankan bahwa meskipun riwayat ini tersebar luas, kualitasnya tidak dapat diandalkan untuk dijadikan landasan keyakinan.

 

Makna Kiasan dalam Bahasa Arab

Meskipun secara sanad hadits-hadits tersebut lemah, beberapa ulama menyarankan untuk melihatnya dalam konteks makna kiasan.

Baca Juga:Rekomendasi 5 Game Balap Mobil Ringan dan Seru untuk HP Kamu!Cara Bikin Undangan Digital Lewat Web dan HP, Praktis, Cepat dan Hemat

Dalam bahasa Arab, sering kali digunakan ungkapan kiasan yang memiliki makna lebih mendalam.

Maksud dari riwayat tersebut bisa jadi adalah untuk menunjukkan pentingnya memilih hewan kurban yang terbaik, karena semakin bagus kualitas hewan kurban, semakin besar pahala yang akan didapatkan.

Pahala yang besar inilah yang kemudian bisa menjadi ‘kendaraan’ atau penolong kita di akhirat.

 

Pentingnya Memilih Hewan Kurban yang Terbaik

Ketika Allah memerintahkan Nabi Muhammad SAW dalam Al-Qur’an untuk memperbanyak shalat dan berkurban, istilah yang digunakan mengisyaratkan pentingnya kualitas kurban.

0 Komentar