Perkuat Program Kerja, APKESMI Subang Ikut Semiloka di Manado

Apkesmi Subang
Perkuat Program Kerja, APKESMI Subang Ikut Semiloka di Manado
0 Komentar

MANADO-Untuk memperkuat program kerja Puskesmas DPC APKESMI Kabupaten Subang mengikuti kegiatan Semiloka APKESMi Nasional di Manado Sulawesi Utara.

Semiloka tersebut diselenggarakan oleh DPP APKESMI yang bertujuan memperkuat program kerja medis di Puskesmas.

Ketua DPC APKESMI Kabupaten Subang H. Anang SKM MMKes menyampaikan bahwa sejumlah pada Semiloka itu meliputi kegiatan pelatihan, seminar, up date program program Puskesmas, diskuni panel serta kegiatan penguatan soal kemedisan yang tertumpu di Puskesmas.

Baca Juga:Bey Machmudin Terus Dorong Peningkatan Volume Ekspor Kopi dan Kakao Jawa BaratBey Machmudin Terima Penghargaan sebagai Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari itu, 10-13 Juli, harus diikuti oleh semua peserta, dan dari APKESMI Subang  berjumlah 16 orang (Kepala Puskesmas) ditambah 1 Kadinkes.

“Kita satu tim para Kepala PKM ada 16 orang plus 1 Kadinkes,” kata H Anang katanya.

Berkaitan dengan update program kerja puskesmas, yang meliputi kesehatan lingkungan, kesehatan ibu dan anak, penyakit menular, pelayanan umum serta program peningkatan kualitas medis dan paramedia di puskesmas terkait.

“Jadi kita itu harus up date.program, agar tidak ketinggalan dengan daerah lain,” ujarnya.

Sejumlah materi dalam Semiloka APKESMI itu diantara yaitu, Advokasi dan peran stakeholder pada pembiayaan (ILP), Tantangan dalam penggunaan rekam medik, elektronik, Penguatan peran promosi kesehatan  masyarakat  dan Peran masyarakat pada pelaksanaan   integrasi layanan primer, Diagnosis dan Interpretasi, Stunting dengan  skrining hipotiroid kongenital, serta materi lainnya yang di sampaikan oleh nara sumber berkompeten di bidangnya.

Dengan mengikuti Semiloka ini, Akselerasi Puskesmas Indonesia (APKESMi) khususnya DPC APKESMi Subang akan semakin memperkuat kinerja dan program kerja di lingkungan Puskesmas, sehingga derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Subang akan semakin kuat, “Rakyat Sehat Negara Kuat”.(dan).

0 Komentar