Segera Buka Pendaftaran, Cek Formasi CPNS 2024 dan Panduan Membuat Akun di Sscasn.bkn.go.id

Segera Buka Pendaftaran, Cek Formasi CPNS 2024 dan Panduan Membuat Akun di Sscasn.bkn.go.id
Segera Buka Pendaftaran, Cek Formasi CPNS 2024 dan Panduan Membuat Akun di Sscasn.bkn.go.id
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Pemerintah mengonfirmasi bahwa seleksi calon aparatur sipil negara (CASN), yang mencakup calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2024, akan dibuka pada bulan Agustus ini.

Untuk persiapan, berikut informasi mengenai formasi CPNS dan PPPK 2024 serta cara membuat akun pendaftaran seleksi CPNS 2024 di situs Sscasn.bkn.go.id.

Menurut laporan dari Kompas.com, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, menyatakan bahwa pemerintah akan membuka seleksi CASN untuk 600.000 posisi pada bulan ini.

Baca Juga:Jadwal, Persyaratan, Formasi, dan Dokumen Persiapan CPNS dan PPPK 2024 Jawa Barat, Tersedia 889 FormasiLuhut Angkat Bicara Setelah Airlangga Hartarto Mengundurkan Diri dari Jabatan Ketua Umum Golkar

Dari jumlah tersebut, sebanyak 60.000 CASN akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara, dengan fokus pada talenta digital.

“Kami akan membuka lowongan dan mengumumkan seleksi CASN di bulan Agustus, dengan total 600.000 formasi, di mana 60.000 di antaranya akan dialokasikan untuk IKN, melalui seleksi yang sangat ketat dan ditujukan bagi talenta digital yang multitasking,” ujar Azwar Anas di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, pada Senin (12/8/2024).

Anas juga menjelaskan bahwa akan ada jalur afirmasi khusus bagi talenta lokal Kalimantan, yang memungkinkan putra-putri Kalimantan untuk tidak bersaing dengan seluruh peserta. Kebijakan ini, menurut Anas, didasarkan pada arahan Presiden Joko Widodo.

“Dengan jalur afirmasi ini, 5 persen putra-putri terbaik Kalimantan akan memiliki kesempatan masuk ke IKN,” tambahnya.

Selain itu, pemerintah juga membuka kesempatan bagi ASN di sekitar untuk pindah ke IKN, menyusul tingginya minat yang diterima.

Dalam rapat terbatas, diputuskan bahwa ASN yang ingin pindah harus memenuhi sejumlah syarat, termasuk kemampuan digital.

“Keputusan ratas menetapkan bahwa syarat untuk pindah dan bekerja di IKN adalah kemampuan digital serta penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik,” jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan kebutuhan CPNS 2024 mencapai 2.302.543 formasi.

Baca Juga:Model Motor Listrik Honda yang Akan Dijual dengan Branding YamahaSpesifikasi POCO M6 4G: Smartphone Murah Meriah dengan Performa Andal

Jumlah tersebut terdiri dari 429.183 formasi untuk instansi pusat, 1.867.333 formasi untuk pemerintah daerah, dan 6.027 formasi untuk sekolah kedinasan.

Pemerintah juga akan memberikan alokasi khusus pada seleksi CPNS tahun ini untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hingga saat ini, instansi yang mengajukan formasi terbanyak adalah Kementerian Agama (Kemenag) dengan total 110.553 formasi, diikuti oleh Kementerian Sosial (Kemensos) dengan 40.799 formasi, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dengan 40.541 formasi.

0 Komentar