11 Kecamatan di Jawa Barat Berisiko Menghadapi Gempa Megathrust, Berikut Detailnya

11 Kecamatan di Jawa Barat Berisiko Menghadapi Gempa Megathrust
11 Kecamatan di Jawa Barat Berisiko Menghadapi Gempa Megathrust
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Wilayah Jawa Barat menghadapi ancaman signifikan karena letaknya yang dekat dengan zona subduksi megathrust, yang berpotensi memicu gempa besar.

BMKG telah mengidentifikasi beberapa wilayah di Jawa Barat yang kemungkinan terdampak gempa megathrust. Jika terjadi, gempa ini bisa menimbulkan kerusakan besar dan mungkin memicu tsunami.

Peneliti Rike Nainitania dan Denny Darmawan mengungkap informasi mengenai 11 wilayah yang rentan terhadap megathrust dalam jurnal yang diterbitkan pada tahun 2021, berjudul “Analisis Zona Genangan Tsunami akibat Gempa Bumi Megathrust di Selatan Pulau Jawa” di Jurnal Ilmu Fisika dan Terapannya.

Baca Juga:Samsung Galaxy A55: Smartphone Dengan Performa Andal dan Desain EleganiQOO Z9 Turbo+ Siap Meluncur: Bocoran Spesifikasi Ungkap Performa Gahar

Berdasarkan penelitian tersebut, 11 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, diprediksi akan terkena dampak megathrust, yaitu:

11 Kecamatan di Jawa Barat Berisiko Menghadapi Gempa Megathrust,

Kecamatan Taraju

Kecamatan Sodonghilir

Kecamatan Cibalong

Kecamatan Salopa

Kecamatan Bojonggambir

Kecamatan Bantarkalong

Kecamatan Karangnunggal

Kecamatan Cikalomas

Kecamatan Pancatengah

Kecamatan Cipatujah

Kecamatan Cikalong

Warga di daerah tersebut diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan terjadinya gempa dan tsunami.

Penelitian ini juga mencatat data tentang ketinggian gelombang tsunami dari gempa tahun 1994 yang mengguncang selatan Pulau Jawa.

Gelombang tertinggi yang tercatat dengan magnitudo 7 Mw mencapai 0,61 meter di Kabupaten Tasikmalaya, dan dengan magnitudo 9 Mw, ketinggiannya bisa mencapai 10 meter.

Informasi ini diharapkan dapat membantu pemerintah dan masyarakat meminimalkan risiko yang ditimbulkan oleh gempa megathrust melalui upaya mitigasi dan persiapan yang lebih baik.

(dbm)

0 Komentar