Resep Pentol Ayam Anti Gagal, Dijamin Empuk dan Bumbu Meresap

Resep Pentol Ayam Anti Gagal, Dijamin Empuk dan Bumbu Meresap(Freepik)
Resep Pentol Ayam Anti Gagal, Dijamin Empuk dan Bumbu Meresap(Freepik)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Pentol ayam, dengan teksturnya yang kenyal dan rasa gurihnya, adalah camilan yang sangat digemari oleh banyak orang.

Tak hanya enak dinikmati begitu saja, pentol ayam juga cocok dijadikan bahan utama berbagai macam hidangan, seperti bakso kuah, mie ayam, atau sekedar dijadikan pelengkap nasi.

Resep Pentol Ayam Anti Gagal, Dijamin Empuk dan Bumbu Meresap

Resep Pentol Ayam

Bahan-bahan:
  1. 500 gram daging ayam giling
  2. 100 gram tepung tapioka
  3. 1 butir telur
  4. 2 siung bawang putih, haluskan
  5. 1/2 sendok teh merica bubuk
  6. Garam secukupnya
  7. Penyedap rasa secukupnya (opsional)
  8. Air es secukupnya
Cara Membuat:

Campurkan semua bahan: Dalam sebuah wadah, campurkan daging ayam giling, tepung tapioka, telur, bawang putih halus, merica bubuk, garam, dan penyedap rasa. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Baca Juga:Cara Bikin dan Resep Wedang JaheLink Nonton Film Girl in the Basement, Sebuah Kisah Kelam yang Disekap selama 24 Tahun

Uleni adonan: Tambahkan sedikit demi sedikit air es sambil terus diuleni hingga adonan terasa kalis dan tidak lengket di tangan.

Bentuk pentol: Ambil sedikit adonan, lalu bulatkan dengan tangan hingga membentuk bulatan-bulatan kecil sesuai selera.

Rebus pentol: Panaskan air dalam panci hingga mendidih. Masukkan pentol-pentol yang sudah dibentuk ke dalam panci. Rebus hingga pentol mengapung dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan.

Sajikan: Pentol ayam siap disajikan. Anda bisa menggorengnya hingga berwarna kecoklatan untuk menambah cita rasa gurih, atau langsung menikmatinya dengan kuah bakso atau sajian lainnya.

Tips Membuat Pentol Ayam:

Pilih daging ayam yang segar: Kualitas daging ayam akan sangat mempengaruhi rasa dan tekstur pentol. Pilih daging ayam yang segar dan berwarna merah muda.

Jangan terlalu banyak menambahkan air: Jika adonan terlalu encer, pentol akan mudah hancur saat direbus. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis.

Rebus dengan api sedang: Rebus pentol dengan api sedang agar matang merata dan tidak mudah hancur.

Baca Juga:Cara Masak Udang Asam Manis yang Menggoda SeleraBegini Cara Tepat Membersihkan Alat Masak Berwarna Hitam Agar Tetap Berkilau

Simpan di kulkas: Jika ingin menyimpan pentol ayam, rebus hingga matang lalu dinginkan. Setelah dingin, simpan dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam kulkas. Pentol ayam bisa bertahan hingga 2-3 hari.

0 Komentar