Sambutan Uskup Agung Jakarta Menjelang Kedatangan Paus Fransiskus

Sambutan Uskup Agung Jakarta Menjelang Kedatangan Paus Fransiskus
Sambutan Uskup Agung Jakarta Menjelang Kedatangan Paus Fransiskus
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo, menyampaikan pesan gembira kepada umat Katolik dalam menyambut kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

“Selamat menyambut bagi umat Katolik; semoga semuanya berjalan lancar, dan persiapannya telah dilakukan dengan baik oleh ketua panitia,” ujar Ignatius Suharyo di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 3 September 2024, mengacu pada Ignasius Jonan, Ketua Panitia Kedatangan Paus.

Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Selasa, 3 September, sekitar pukul 11.30 WIB.

Baca Juga:Review Yamaha Vixion R 155: Performa Sporty dengan Teknologi CanggihTecno Phantom V Flip 5G: Smartphone Lipat Menawan dengan Performa Gahar

Kunjungan beliau ke Jakarta yang berlangsung hingga 6 September adalah bagian dari perjalanan apostolik di kawasan Asia Pasifik.

Ignatius Suharyo akan menyambut Paus Fransiskus di Bandara Soetta bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Ketua Panitia Kedatangan Paus, Ignasius Jonan.

“Kami akan ke bandara. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden, semua persiapan sudah bagus dan sesuai,” tambah Ignatius Suharyo.

Agenda kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia mencakup upacara penyambutan yang disiapkan oleh Istana Kepresidenan pada Rabu pagi, 4 September 2024, sebelum pertemuan dengan Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi akan menerima Courtesy Call dari Fransiskus di Istana Merdeka sekitar pukul 10.00 WIB, dan pertemuan tersebut direncanakan berlangsung selama tiga puluh menit.

Setelah pertemuan tersebut, agenda akan berlanjut di Istana Negara, yang hanya berjarak sekitar 650 meter dari Istana Merdeka.

Fransiskus dan Jokowi akan bertemu dengan pejabat, masyarakat sipil, dan duta besar di Istana Negara, dengan persamuhan berlangsung selama satu jam sebelum Fransiskus melanjutkan kunjungannya di Jakarta dan bertemu dengan komunitas Katolik.

Baca Juga:Redmi 14C: Smartphone Entry-Level dengan Fitur MenarikFinal Bulu Tangkis Paralimpiade 2024: Indonesia Pastikan Tambahan Medali Emas

Di Jakarta, Paus Fransiskus akan memimpin misa akbar pada Kamis, 5 September 2024. Kunjungan ini merupakan kunjungan ketiga seorang Paus ke Indonesia, setelah Paus Paulus pada 1979 dan Paus Yohanes pada 1998.

Presiden Jokowi menganggap kunjungan pemimpin umat Katolik ini sebagai momen bersejarah.

“Saya mewakili rakyat Indonesia menyambut dengan hangat dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan mulia Paus Fransiskus ke Indonesia,” katanya di Istana Merdeka pada Rabu pagi.

Perjalanan apostolik Paus Fransiskus di Asia Pasifik tidak hanya berhenti di Indonesia, melainkan akan melanjutkan kunjungannya ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura hingga 13 September 2024.

0 Komentar